Review Xiaomi Redmi Note 3

Apakah Xiaomi Redmi Note 3 mampu menarik perhatian para pengguna smartphone tanah air seperti beberapa produk mereka sebelumnya? Jika kalian tertarik dan berencana untuk membelinya, simak review Xiaomi Redmi Note 3 berikut.

Xiaomi akhirnya menghadirkan smartphone dengan fitur sensor sidik jari, yaitu Xiaomi Redmi Note 3 di Indonesia. Kehadiran generasi baru dari Redmi Note ini diharapkan akan mampu bersaing dengan beberapa smartphone yang memiliki fitur sensor sidik jari.

Desain

Xiaomi menghilangkan ciri khas desain dari keluarga Redmi Note. Pada Redmi Note 3, Xiaomi memberikan sentuhan desain unibodi dan menggunakan bahan metal. Redmi Note 3 juga memiliki pilihan warna yang elegan, yaitu abu-abu, perak dan emas. Namun perlu diperhatikan, material yang digunakan pada Redmi Note 3 ini cukup licin, terlebih jika kita mengoperasikannya hanya dengan satu tangan.

Redmi Note 3 memiliki fitur dual-SIM dengan jenis kartu micro, keduanya sudah mendukung jaringan 4G LTE. Sayangnya, kita tidak akan menemukan slot micro-SD. Jadi pastikan memilih tipe yang memiliki kapasitas yang besar (32 GB).

Perubahan desain di Redmi Note 3 menjadikannya lebih menarik dari versi sebelumnya. Ketiga tombol menu diberikan fitur backlight yang membuatnya menjadi gimmick menarik. Selain itu, pada sisi atas layar terdapat LED untuk notifikasi.

Di bagian belakang, kita akan melihat kamera, dual LED flash serta sensor sidik jari yang terletak. Untuk sensor sidik jari, kita bisa menyimpan sebanyak 5 sidik jari dalam gawai ini. Fitur sidik jari ini berfungsi untuk membuka lock screen dan keluar dari mode anak, namun tidak bisa digunakan di aplikasi. Saat dicoba, respon yang diberikan saat membuka lock screen cukup cepat.

Layar

Redmi Note 3 memiliki layar 5,5 inchi dengan resolusi 1920 x 1080. Layar dari ponsel ini memiliki beberapa mode yang kita bisa mengaturnya sesuai keinginan.

Ada mode Standard, mode Peningkatan kontras, untuk meningkatkan warna dan menyesuaikan kontras layar berdasarkan konten yang ditampilkan, dan kontras otomatis, yang menyesuaikan rentang dinamis dari tampilan berdasarkan cahaya ambient, membuat daerah gelap dari gambar lebih terang di bawah cahaya terang untuk membuat mereka lebih terlihat tanpa meningkatkan backlight.

Kita juga dapat mengatur temperatur warna dengan menetapkan standar, hangat, atau dingin. Ketika ita mengatur ke kesimbangan warna putih Standar dan mode kontras, layar dari Redmi Note3 terlihat bagus.

Secara singkat, layar dari Redmi Note 3 ini cukup ciamik, kecerahan dan warna yang dihasilkan membuat mata terasa dimanjakan.

Kamera

Redmi Note 3 memiliki kamera utama 13 megapixel, autofokus, aperture f2.0 dan lampu flash dual LED. Untuk kamera depan, Xiaomi memberikan 5 megapixel dengan aperture f2.0.

Untuk kamera, kami masih belum yakin dengan hasil dari jepretan ponsel ini. Kualitas gambar dari kamera utama tidak memuaskan jika dilihat dari besarnya megapixel yang di miliki. Gambar memiliki sedikit noise di dalamnya, terlalu terang jadi kurang menyenangkan ketika diperbesar.

Dynamic range dan HDR juga tidak memuaskan, bahkan cuma terkesan hanya meningkatkan efek bayangan saja.

Tapi jika kalian hanya memotret untuk dibagikan ke sosial media saja, kamera Redmi Note 3 ini sudah cukup bagus.

Fitur

Ada beberapa fiitur unik yang ada pada Redmi Note 3, sebuah sentuhan kecil namun detil dan menyenangkan diberikan pada Redmi Note 3 ini, yaitu notifikasi LED. Di tengah banyak manufaktur yang menghilangkan notifikasi LED ini, keberadaan detil seperti ini pada ponsel Redmi Note 3 merupakan hal menarik.

Selain itu, seperti ciri khas beberapa tipe ponsel Xiaomi, Redmi Note 3 juga memiliki fitur Remote TV. Mungkin untuk banyak orang fitur ini terlihat tidak berguna. Namun beberapa orang merasa fitur ini sangat bermanfaat. Toh bukan hanya TV saja, Remote yang ada di ponsel Xiaomi bisa juga digunakan untuk mengatur AC.

Redmi Note 3 memiliki fitur yang juga sangat dibutuhkan para pengguna di Indonesia saat ini, yaitu dukungan untuk dual-SIM. Berbeda dengan fitur dual-SIM kebanyakan ponsel, pada Redmi Note 3 ini, kedua SIM bisa digunakan untuk jaringan 3G dan 4G LTE.

Nah untuk fitur utamanya tentu ada sensor sidik jari. Dengan harga yang cukup murah untuk ponsel di kelasnya, fitur sidik jari ini tentu menjadi daya tarik sendiri. Namun syangnya, fitur ini masih terbatas digunakan untuk pengganti password ponsel saja, belum bisa digunakan untuk autentikasi password aplikasi atau e-wallet.

Software

Redmi Note 3 menggunakan MIUI 7.0, jadi jika kalian baru saja membelinya, kami sarankan untuk melakukan upgrade ke versi MIUI 7.1. Karena kita tahu, ada bug yang cukup menjengkelkan yang kita temui di MIUI 7.0 (mode anak).

Secara performa, MIUI 7.1 berjalan lancar dan tidak boros memori. Sisa 1.5 GB dari total 3 GB RAM yang tersedia pada Redmi Note 3. Itu belum termasuk jika kita menjalankan aplikasi atau game. Sekedar tips, kalian bisa menghapus bloatware untuk mendapatkan ruang yang lebih lega.

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, MIUI memberikan kustomisasi yang cukup lengkap seperti menyediakan berbagai themes dan fonts yang bisa kita ganti sesuai keinginan. Di MIUI 7.1, jumlah themes dan fonts lebih bervariasi.

Fitur lain yang ada di MIUI 7.1 adalah fitur one hand operation yang berfungsi untuk mempermudah pengoperasian dengan satu tangan. Namun menurut saya pribadi, fitur ini terlihat lucu dan aneh saat digunakan.

Performa

Xiaomi Redmi Note 3 memiliki dapur pacu yang sama dengan versi pendahulunya, Redmi Note 2, yaitu MediaTek Helio X10 Octa-Core 2 GHz. Untuk RAM dan kapasitas penyimpanan, Redmi Note 2 memiliki dua versi, yaitu versi RAM 2 GB memiliki media penyimpanan 16 GB dan RAM 3 GB memiliki 32 GB.

Di atas kertas, performa prosesor yang digunakan oleh Redmi Note 3 ini setara dengan Snapdragon 810. Namun, meskipun kemampuan dari MediaTek Helio X10 ini cukup kencang dalam menjalankan aplikasi dan game, ada beberapa game yang tidak bisa dijalankan dengan baik, dan kita harus mengubah pengaturan grafis pada game tersebut dengan level yang medium agar bisa bermain dengan lancar.

Baterai

Xiaomi meningkatkan daya baterai pada Redmi Note 3 dengan memberikan kapasitas daya sebesar 4000 mAh atau lebih besar dibandingkan dengan Redmi Note 2 yang ‘hanya’ berdaya 3000 mAh. Namun saat kami mencobanya, tidak ada perbedaan daya tahan baterai dengan Redmi Note 2. Cukup disayangkan.

Namun yang menarik adalah, Xiaomi Redmi Note 3 sudah mendukung teknologi quick charging, jadi kita tak perlu khawatir untuk menunggu lama untuk membuat ponsel ini terisi daya penuh.

Kesimpulan

Dari review ini, secara performa, sangat disayangkan Xiaomi Redmi Note 3 ini tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 2. Kelebihan Redmi Note 3 dengan Redmi Note 2 hanyalah keberadaan sensor sidik jari saja, yang lain tidak terlalu jauh berbeda. Jadi jika kalian sudah memiliki Redmi Note 2, Redmi Note 3 bukan alasan yang bagus untuk melakukan upgrade.

%d blogger menyukai ini: