Hands On ASUS ZenBook Flip S: Laptopnya Orang Keren

Beberapa bulan lalu, sayaĀ menggantiĀ Lenovo ThinkPad Yoga 12 dengan ASUS ZenBook 3 sebagai laptop utama. Beberapa minggu lalu, saya berkesempatan mencoba lini baru keluarga ZenBook, yaitu ASUS ZenBook Flip S.

Inilah impresi saya setelah mencoba laptop yang menyasar pasar orang-orang keren di Indonesia.

Desain

Orang keren gadget-nya harus keren. Menurut saya, desain dari ZenBook Flip S sangatlah keren. Memiliki garis DNA dari ZenBook 3, laptop ini memiliki dimensi yang tipis, bahkan menjadi laptopĀ convertibleĀ tertipis di dunia. Bahkan jika disandingkan dengan MacBook Air, ZenBook Flip S masih lebih tipis.

Meskipun memiliki desain yang serupa, ZenBook Flip S memiliki keunikannya tersendiri. Laptop terbaru ASUS ini bisa bertransformasi menjadi empat mode, selain laptop, kita bisa mengubah fungsi menjadi tablet, tent danĀ stand.Ā Tentu saja masing-masing mode memiliki fungsinya masing-masing.

Mode laptop, kita bisa menggunakan ZenBook Flip S seperti biasa. Mode tablet, kita bisa menggunakan laptop layaknya tablet.Ā Ya!Ā layar dari ZenBook Flip S sudah mendukung teknologi layar sentuh. ModeĀ tent,Ā bisa berfungsi saat kita ingin melihat film ataupun menggunakannya sebagaiĀ canvasĀ digital bagi pekerja kreatif.

ZenBook 3 vs ZenBook Flip S

Yang terakhir, modeĀ standĀ yang cocok digunakan ibu-ibu modern untuk mencontek resep atau melihat video memasak dan langsung mempraktekkannya di dapur.Ā Yup,Ā modeĀ standĀ akan mengamankan laptop terkena remah-remah, bumbu atau kotoran masuk ke mesin melaluiĀ keyboard.

Jika semua bagus, apakah tidak ada kekurangannya? tentu ada. Unit yang saya coba berwarna hitamĀ doffĀ (ASUS menyebutnya smokey grey),Ā dan sama seperti ZenBook 3, permukaan dari ZenBook Flip S mudah kotor karena sidik jari. Tapi hanya dengan membersihkan menggunakan kainĀ fiberĀ bekas sidik jari tersebut bisa hilang.

Ada dua warna yang tersedia, yaitu Smokey Grey dan Royal Blue. Smokey grey terlihat elegan,Ā royal blueĀ terkesan mewah. Pilihan ada ditangan kalian, pingin terlihat elegan? atau terlihat mewah?

[irp posts=”43185″ name=”Review ASUS ZenBook 3 UX390: Desain Keren, Performa Paten”]

Layar

Kabar gembira buat kalian yang ingin meminang ZenBook 3 tapi merasa layar yang ditawarkan terlalu kecil. ZenBook Flip S memberikan layar yang lebih besar, yaitu 13.3 inchi dengan LED-backlit. Sama seperti ZenBook 3, meskipun layarnya ‘hanya’ 13.3 inchi, tapi tetap terlihat luas karena memiliki bazelĀ yang tipis, yaituĀ 6.11mm dengan 80% rasioĀ screen-to-body.

Layar dari laptop ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Corning Gorilla Glass, jadi kita tidak was-was saat menggunakannya sebagai tablet, ataupun saat menulis di layar laptop menggunakanĀ stylus.

ASUS ZenBook Flip S memiliki dua varian, yaitu layar yang mendukung resolusi Full HD (1920 x 1080) dan yang sudah mendukung 4K UHD (3840 x 2160). Pilih berdasarkan kebutuhan kalian.Ā Varian yang saya coba adalah yang memiliki resolusi Full HD.

Saya mencoba untuk melihat video dari YouTube yang memiliki resolusiĀ full HD,Ā hasilnya memuaskan, warna dan kecerahannya terpancar dengan baik dan natural.

Enak buat nonton

Audio

Mirip dengan ZenBook 3, audio dari ZenBook Flip S sudah tersertifikasi oleh Harman-Kardon. Perbedaan dengan ZenBook 3 adalah, laptop ini sudah dibenamkanĀ softwareĀ SonicMaster Premium agar kita bisa mengubah preferensi atau efek suara sesuai keinginan.

Saat saya coba mendengarkan beberapa lagu, suara yang dihasilkan renyah dan tidak cempreng, meskipun pengaturan suara dalam kondisi maksimal.

Touchpad dan Keyboard

Tidak banyak perubahaan yang dilakukan oleh ASUS pada bagianĀ keyboard.Ā PenataanĀ tutsĀ rapih dan memiliki jarak yang cukup untuk menghindarkan kita dari kemungkinanĀ typo.Ā Saat dicoba untuk mengetik beberapa saat,Ā look and feelĀ nya sama seperti saat mengetik menggunakan ZenBook 3.

Perbedaan yang cukup menyenangkan terjadi pada ranahĀ touchpad.Ā ASUS memindahkan sensor sidik jari pada bagian samping laptop untuk memperluas area padaĀ touchpad.Ā Ini sangat menyenangkan karena akan menambah kenyamanan dan mengurangi rasa capek saat menggunakanĀ touchpadĀ dalam waktu lama.

Port

Pengorbanan dari sebuah desain keren penuh estetika adalah hilangnya beberapaĀ portĀ yang masih sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia. ZenBook Flip S hanya memberikan duaĀ portĀ USB 3.1 (type C) danĀ jack audioĀ 3.5 mm. Jadi kalian yang ingin meminang laptop ini harus terbiasa denganĀ dongleĀ jika ingin mengaksesĀ flash disk,Ā HDMI dll.

Baterai

Perbaikan besar juga diberikan pada bagian ini. SebagaiĀ digital nomadĀ atau pekerja yangĀ mobile, daya tahanĀ baterai merupakan hal wajib. Pada ZenBook Flip S, ASUS mengklaim bahwa laptop ini mampu bertahan hingga 11.5 jam untuk pemakaian normal.

Yang menarik adalah, ZenBook Flip S sudah mendukungĀ fast chargingĀ yang di klaim mampu melakukanĀ chargingĀ 60% dalam waktu 49 menit saja. Fitur ini tentu sangat menyenangkan untuk kalian yang sering hidup dari bandara-ke-bandara.

Kesimpulan

Waktu yang singkat untuk mencoba ZenBook Flip S tentu masih kurang memuaskan. Namun dari kencan singkat itu, saya mendapatkan kesan yang positif. Jadi saat ini bisa saya katakan bahwa laptop keren ini memang hanya ditujukan untuk orang-orang keren, dan yang berduit. Kenapa? karena ASUS membanderol ZenBook Flip S dengan harga 25 jutaan.

review zenbook flip s

[irp posts=”37084″ name=”4 Alasan Sexy Membeli ZenBook 3″]

Spesifikasi Teknis

Main Spec. UX370UA
CPU IntelĀ® Coreā„¢ i7-7500U Processor
OS Windows 10 Home
Memory 16GB DDR3L 2133MHz
Storage 512GB PCIe SSD
Display 13.3″ IPS FHD (1920×1080) touch with CorningĀ® GorillaĀ® Glass, 60Hz refresh rate, wide 100% sRGB color gamut, 178Ā° wide-view, ASUS Eye Care for up to 30% blue-light reduction, 6.11mm-thin bezel with 80% screen-to-body ratio
Graphics Integrated IntelĀ® HD Graphics 620
Input/Output 2x USB 3.0 Type-C, glass-covered with intelligent palm-rejection touchpad, Precision touchpad (PTP) support with up to four-finger smart gestures, side-mounted for convenience fingerprint sensor
Camera VGA Web Camera
Connectivity 802.11ac Wi-Fi; IEEE 802.11 a/b/g/n compatible, BluetoothĀ® 4.1
Audio SonicMaster Premium 2-speaker stereo audio with surround-sound, Harman Kardon-certified, smart amplifier for maximum audio performance, array microphone with Cortana voice-recognition support, 3.5mm headphone jack
Weight 1.1Kg
Dimension 1.09 x 31.3 x 21.8 cm
Keyboard full-size backlit with 1.0mm key travel keyboard
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 39Wh 2-cell lithium-polymer battery, Up to 11.5 hours battery life, Fast-charge technology: 60% in 49 mins
Colors Royal Blue, Smoky Grey (Crafted in aerospace-grade aluminum alloy, 50% stronger than standard alloy)
MSRP Rp25.299.000 (free ASUS Stylus dan Mini Dock senilai Rp5.500.000)

ASUS Sleeve

Warranty 2 Tahun Garansi Global, senilai Rp1.250.000

[wp-review id=”44035″]

More Stories
Seri Anime terbaik Fullmetal Alchemist
10 Seri Anime Yang Layak Disebut Terbaik