Facebook Mengumumkan Fitur “Toko” Agar Belanja Online Lebih Mudah

instagram dan facebook shops

Facebook mengumumkan Toko atau Shops sebagai fitur terbarunya. Fitur ini hadir untuk membantu para pedagang menjalankan bisnis secara online.

Ketika pandemi corona melanda, banyak pedagang tersendat bisnisnya karena terpaksa menutup toko atau kekurangan pelanggan yang datang. Kondisi ini membuat mereka beralih pada sistem menjual secara online.

Facebook pun mengembangkan fitur Toko ini untuk mempermudah para pedagang tetap bisa berjualan secara online dan tetap terhubung dengan para pelanggan. Fitur ini bisa kamu temukan tidak hanya di aplikasi Facebook, tapi juga di Instagram.

Facebook Shops

Para pedagang bisa mengatur fitur Toko di akun bisnis Facebook mereka (Facebook Page). Sementara para pengguna (konsumen), selain bisa menemukan Toko di Facebook Page dari penjual yang bersangkutan, juga bisa menemukan produk melalui stories atau iklan.

facebook shops
tampilan Facebook Shops

Para konsumen juga bisa menanyakan info lebih jauh tentang produk yang ada di Toko itu pada si penjual. Bisa melalui Messenger, WhatsApp, atau Instagram Direct. Nantinya, konsumen juga akan bisa belanja lebih mudah langsung di aplikasi Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct.

Facebook menyebutkan kalau pengguna Amerika sudah bisa berbelanja langsung dengan sistem keranjang dan checkout seperti toko online biasanya. Facebook Shops akan mulai tersedia secara bertahap di seluruh dunia.

Instagram Shop

Sebelum ini, Facebook sudah menghadirkan fungsi Toko di Instagram. Pengguna bisa menemukan berbagai produk dari toko online favorit mereka di profil akun bersangkutan. Selain itu, Instagram juga memiliki akun @shop untuk menampilkan berbagai produk unggulan.

instagram shop
tampilan Instagram Shop

Facebook menyebutkan kalau nantinya (pada akhir tahun), mereka akan menambahkan halaman Toko di Instagram. Dengan begitu pengguna bisa lebih mudah menelusuri produk seru dari pedagang online bersangkutan.

Fitur Live Shopping

Tidak hanya toko yang berfungsi sebagai etalase, Facebook juga menghadirkan sistem jual beli online melalui Live Video. Nantinya, para pedagang bisa menandai (memberi tag) produk mereka sebelum memulai siaran langsung. Dengan begitu konsumen bisa menekan tag tersebut untuk melihat lebih jauh dan membelinya.

belanja di Facebook Live

Facebook menyebutkan kalau fitur belanja langsung di siaran langsung juga akan tersedia di Instagram. Fitur ini akan hadir secara luas secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang.

belanja di Instagram Live
%d blogger menyukai ini: