Facebook mengumumkan Toko atau Shops sebagai fitur terbarunya. Fitur ini hadir untuk membantu para pedagang menjalankan bisnis secara online.
Ketika pandemi corona melanda, banyak pedagang tersendat bisnisnya karena terpaksa menutup toko atau kekurangan pelanggan yang datang. Kondisi ini membuat mereka beralih pada sistem menjual secara online.
Facebook pun mengembangkan fitur Toko ini untuk mempermudah para pedagang tetap bisa berjualan secara online dan tetap terhubung dengan para pelanggan. Fitur ini bisa kamu temukan tidak hanya di aplikasi Facebook, tapi juga di Instagram.
Facebook Shops
Para pedagang bisa mengatur fitur Toko di akun bisnis Facebook mereka (Facebook Page). Sementara para pengguna (konsumen), selain bisa menemukan Toko di Facebook Page dari penjual yang bersangkutan, juga bisa menemukan produk melalui stories atau iklan.
Para konsumen juga bisa menanyakan info lebih jauh tentang produk yang ada di Toko itu pada si penjual. Bisa melalui Messenger, WhatsApp, atau Instagram Direct. Nantinya, konsumen juga akan bisa belanja lebih mudah langsung di aplikasi Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct.
Facebook menyebutkan kalau pengguna Amerika sudah bisa berbelanja langsung dengan sistem keranjang dan checkout seperti toko online biasanya. Facebook Shops akan mulai tersedia secara bertahap di seluruh dunia.