Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Rilis Snapdragon 8 Gen 1+ Ditunda Sampai Paruh Kedua Tahun 2022

Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan jika rilis Snapdragon 8 Gen 1+ akan diundur sampai paruh kedua tahun 2022. Simak detilnya dalam artikel berikut.

Qualcomm dikabarkan akan meluncurkan chipset Snapdragon 8 Gen 1+ pada bulan Mei 2022. Sayangnya menurut leaker asal China, Digital Chat Station, acara rilis Snapdragon 8 Gen 1+ kemungkinan besar akan diundur sampai paruh kedua tahun ini.

popculture.id

Digital Chat Station juga menambahkan bahwa penundaan peluncuran dilakukan karena situasi endemi di China yang saat ini makin tidak kondusif.

Badan negara Xinhua berkomentar jika situasi di Asia tidak bisa cepat kondusif, hal tersebut tidak diragukan lagi akan menyebabkan banyak masalah. Dampak yang paling signifikan tentu saja akan menjalar pada sektor ekonomi, perkembangan kehidupan sosial, dan juga kesehatan masyarakat.

snapdragon 8 gen 1+ rilis

Sementara itu, sampai sekarang bocoran seputar keunggulan Snapdragon 8 Gen 1+ masih terbilang minim. Menurut kabar yang sempat beredar sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 1+ rumornya akan menerima peningkatan GPU. Sedangkan CPU-nya akan tetap sama dengan model Snapdragon 8 Gen 1 yang ada saat ini (1 Cortex-X2, 3 Cortex-A710 dan 4 Cortex-A510).

Snapdragon 8 Gen 1+ kabarnya akan dibuat menggunakan node 4nm buatan TSMC. Kalau rumor ini benar, berbagai pihak optimis kalau chipset ini nggak akan mudah overheat (alias lebih adem dan nggak mudah panas) dan mencekik kinerja, beda jauh sama saudaranya Snapdragon 8 Gen 1. Ini karena node 4nm bikinan TSMC terkenal jauh lebih efisien.

Di sisi lain, belum diketahui pada bulan apa Snapdragon 8 Gen 1+ akan diluncurkan. Tapi yang jelas situasi endemi di China yang akhir-akhir ini tidak kondusif menyebabkan banyak ‘penundaan’ acara perilisan.

Selain penundaan rilis terhadap chipset Snapdragon 8 Gen 1+, penundaan rilis juga terjadi pada sektor lain seperti update game. Contohnya game Genshin Impact yang harusnya sudah meluncurkan update v2.7, sekarang terpaksa ditunda sampai waktu yang nggak ditentukan gara-gara situasi yang nggak kondosif di China.

Yah semoga situasinya cepat membaik deh..

    %d blogger menyukai ini: