ROG Kunai 3 Gamepad Enak Dipakai Tapi masih Bisa Lebih Baik

Bersama ROG Phone 5, juga hadir kontroler game Kunai 3 Gamepad. Pertanyaannya, apakah kontroler ini memang menambah pengalaman main game jadi lebih baik?

ROG Kunai 3 Gamepad adalah kontroler game yang bisa dipasang pada bodi ponsel ROG Phone 5 atau dipakai terpisah menggunakan koneksi Bluetooth atau USB. Secara teori, pemakaiannya sangat fleksibel.

Kita bisa memasang Kunai 3 pada ROG Phone 5 melalui casing khusus. Sementara untuk dipakai secara nirkabel, kita bisa merangkai Kunai 3 menjadi seperti kontroler game konsol.

paket rog kunai gamepad

Dipakai dengan ROG Phone

Pada saat dipakai bersama ROG Phone 5, kontroler ini akan terhubung secara langsung melalui colokan USB-C yang ada di casing. Memasangnya sangat mudah. Tapi melepas casing dari bodi ROG Phone 5 mungkin agak menakutkan bagi yang belum biasa.

Lucunya, justru saya lebih suka pakai casing Kunai 3 ini daripada casing pelindung standar. Rasanya lebih solid dan selalu siap beraksi.

Untuk bisa memakainya dalam main game, kita perlu memetakan fungsi tombol kontroler sesuai dengan tombol aksi di layar. Pengaturannya bisa berbeda untuk tiap orang, sesuai gaya bermain masing-masing.

Namun kalau kamu sudah menemukan setelan tombol yang tepat dan sudah terbiasa, kamu akan merasakan asiknya pakai ROG Kunai 3 Gamepad. Tombol responsif dan bisa memberikan pengalaman lebih.

Sebagai Kontroler Bluetooth

Ketika menggunakannya sebagai kontroler nirkabel, bobot kontroler ini cukup ringan. Saya justru berharap kontroler ini sedikit lebih berbobot agar lebih mantap. Lucunya, saya merasa Kunai 3 lebih mantap dipakai tanpa grip (yang membuatnya lebih seperti kontroler konsol). Tapi ini menurut saya sih.

Untuk memakainya, kamu harus memasangkannya (pairing) terlebih dulu dengan ponsel via Bluetooth. Prosesnya melalui menekan tombol power untuk menyalakannya, lalu menekannya lagi agak lama (2-5 detik) sampai lampu warna biru berkedip cepat. Ketika terbaca di ponsel, baru bisa kita pasangkan.

Masalahnya, lampu di tombol power baru akan menyala (warna hijau) jika kontroler sudah terhubung dengan ponsel. Jika belum, lampu akan berkedip pelan warna biru, lalu mati tidak lama kemudian.

Jadi kalau kamu belum sukses menghubungkan kontroler dengan ponsel, kamu bisa tebak-tebak buah manggis. Apakah kontroler tidak terhubung karena ada masalah pairing Bluetooth atau karena kontroler belum menyala. Kamu juga mungkin akan mengalami beberapa kali percobaan menekan tombol sampai lampu biru berkedip cepat.

Yah, itu masalah kecil sih. Selain dari itu, memakai kontroler Kunai 3 lewat koneksi Bluetooth juga berjalan baik. Sejauh yang saya pakai tidak ada lag.

Pengalaman Lain

Yang tidak kalah menarik, kontroler ROG Kunai 3 Gamepad ini juga enak dipakai untuk main streaming game PC (dengan Steam Link) di ponsel. Terutama untuk game seperti Fall Guys. Untuk game lain, butuh setelan tombol yang lebih rumit.

Karena penasaran, saya juga mencoba memasangkan Kunai 3 ini dengan ponsel lain dan bahkan laptop sebagai kontroler Bluetooth.

Dengan ROG Phone 1 kontroler ini bisa terbaca dan dipasangkan. Dengan iPhone 8 Plus terbaca tapi tidak sukses dipasangkan. Lalu dengan laptop Windows bisa terbaca dan dipasangkan. Namun sayangnya, di ROG Phone 1 dan laptop Windows, kontroler tidak berfungsi.

Mungkin bisa kita maklumi. Karena memang kontroler ini ditujukan untuk ROG Phone baru. Sekali lagi sayang. Padahal ada potensi yang lebih besar. Jika bisa dipakai di perangkat yang lebih luas (bahkan untuk main game di laptop), Kunai 3 ini bisa jadi pilihan kontroler menarik.

Secara keseluruhan, Kunai 3 Gamepad adalah kontroler game yang menyenangkan kalau kamu punya ROG Phone 5. Rasanya jadi seperti punya konsol game genggam.

Btw, untuk kamu yang merasa buku panduan ROG Kunai 3 Gamepad punya huruf terlalu kecil (yeah, manual book for ants), kamu bisa mengunduhnya dalam bentuk PDF di situs resmi. Lalu silakan cek di Armoury Crate, game apa saja yang mendukung pemakaian kontroler ini.

ROG Kunai 3 Gamepad
Bisa Lebih Baik
Kunai 3 Gamepad merupakan aksesori kontroler game yang asik dipakai kalau kamu punya ROG Phone 5.
PROs
Enak dipakai
Tombol responsif
CONs
Pairing kurang user friendly
Kompatibilitas relatif terbatas
3.8
Oke
Situs Resmi
%d blogger menyukai ini: