Hadir di Indonesia, Performa ROG Phone 3 Siap Tebas Smartphone Lain

rog phone 3 indonesia

ASUS sudah mengumumkan smartphone gaming terbaru mereka pada tanggal 23 Juli 2020. Mulai tanggal 24 September 2020, smartphone ROG Phone 3 ini sudah hadir secara resmi di Indonesia.

Mungkin sampai saat ini masih ada yang ragu kenapa harus ada smartphone khusus gaming. Pada kenyataannya, pangsa game dunia tumbuh pesat.

Bahkan prediksi menyebutkan nilainya akan meningkat dari $145,7 milyar di tahun 2019 menjadi $159,3 milyar di tahun 2020 dan tumbuh lagi senilai $174,2 milyar di tahun 2021.

Hebatnya, mayoritas perangkat untuk bermain game adalah perangkat bergerak, seperti smartphone dan tablet. Di tahun 2020, pangsa gaming di smartphone dan tablet mencapai nilai $77,2 milyar. Lebih besar dibanding konsol yang “hanya” $45,2 milyar.

Performa ROG Phone 3

Tidak heran kenapa ASUS meneruskan ambisinya di ranah smartphone gaming dengan ROG Phone 3. Bukan main-main, ASUS merancang smartphone ini untuk menjadi perangkat gaming performa tinggi.

ASUS menanam chipset Qualcomm Snapdragon 865+ 5G di smartphone ini. Dengan performa 3.1GHz, chipset ini merupakan prosesor paling cepat di ranah Android saat ini. Apalagi ASUS juga menambahkan RAM LPDDR5 sampai 16GB dan penyimpanan UFS 3.1 sampai 512GB.

Berdasar tes dari ASUS, ROG Phone 3 mendapat nilai 655306 di Antutu Benchmark. Lebih tinggi dari OnePlus 8 Pro (584598) dan Samsung Galaxy S20 Ultra (569945) yang informasinya ada di situs resmi Antutu.

hasil antutu benchmark rog phone 3
hasil Antutu Benchmark

Begitu pun di perbandingan melalui Geekbench. ROG Phone 3 mencapai nilai 1002 untuk single core dan 3473 untuk multi-core. Dengan perbandingan seperti di atas, OnePlus 8 Pro mendapat nilai 891 (single core) dan 3251 (multi-core) dan Samsung Galaxy S20 Ultra mendapat nilai 840 (single core) dan 3108 (multi-core).

Sistem Pendingin Baru

Kita tahu kalau ROG Phone memiliki sistem pendingin, baik melalui vapor chamber, heat sink, dan ventilasi di cover belakang. Di seri ini, ASUS memperbarui sistem pendingin itu. GameCool 3 kini memiliki ukuran heat sink yang lebih besar 6 kali lipat dari ROG Phone 2.

ventilasi di bodi belakang

Tentu saja, aksesori pendingin tambahan juga mendapat pembaruan. AeroActive Cooler 3 memiliki desain baru, kipas 40% lebih cepat, dan bisa membuat suhu di permukaan bodi 4ยบ lebih dingin.

Layar Lebih Responsif

Layar ROG Phone 3 juga mendapat peningkatan bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kini layar AMOLED smartphone gaming ini sudah mendukung refresh rate 144Hz (bahkan ada dukungan 160Hz tersembunyi), touch sampling rate 270Hz, touch latency 25ms, dan slide latency 18ms.

Berdasar uji coba yang dilakukan oleh ASUS, ROG Phone 3 memiliki touch latency paling rendah dibandingkan dengan ROG Phone 2 (120Hz, 49ms), Samsung Galaxy S20 Ultra (120Hz, 43ms), atau OnePlus 8 Pro (120Hz, 47ms).

perbandingan low latency di layar

Selain mendukung animasi yang lebih halus dan aksi yang lebih responsif, layar ROG Phone 3 juga memiliki kualitas gambar dan akurasi warna tinggi. Yaitu mendukung 10-bit HDR dan Delta E<1. Ditambah lagi dengan sertifikasi TรœV Rheinland untuk kenyamanan mata (low blue light dan flicker reduced).

Baterai Lebih Awet

Smartphone ini juga mempertahankan tradisi baterai berkapasitas monster seperti pendahulunya (yah, kecuali ROG Phone 1). Kapasitas baterai ROG Phone 3 adalah sebesar 6000mAh. PRoses pengisian baterainya pun cepat karena sudah mendukung fast charging dengan HyperCharge Adapter 30W.

Salah satu hal paling menarik dari ROG Phone 3 adalah adanya manajemen baterai yang canggih. Sistem pemeliharaan baterai ini meliputi slow charging, scheduled charging, dan charging upper limit.

aplikasi PowerMaster

Kenapa fitur itu bisa membuat baterai lebih awet? Karena ketika kamu mengatur pemakaian dan tidak memaksa kondisi baterai. Proses pengisian baterai akan mengurangi kecepatan pengisian dan menyesuaikan pemakaian sehingga pengisian daya tidak berlebihan.

Kamera Lebih Kekinian

Yah, memang ROG Phone lebih mengutamakan fungsi untuk main game daripada fotografi atau videografi. Tapi bukan berarti ASUS cuek dengan masalah kamera.

ROG Phone 3 memiliki modul dengan 3 kamera di belakang. Ada kamera utama 64MP (wide), kamera ultra-wide 13MP, dan kamera makro. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie 24MP.

kamera ROG Phone 3

Suara Lebih Mantap

Kalau kamu sudah pernah mencoba ROG Phone, kamu pasti tahu kalau sisi audio smartphone gaming ini juga berkualitas tinggi. Suaranya kencang, bulat, dan berdimensi. ROG Phone 3 adalah salah satu dari sedikit smartphone Android yang memiliki dual front-facing stereo speaker. Jadi suara yang keluar memang seimbang.

Apalagi smartphone ini juga mendukung teknologi audio HD dari DIRAC. Teknologi ini bisa membuat suara yang keluar lebih akurat, minim gangguan, lebih luas, dan suara bass lebih nendang. Teknologi DIRAC ini pun mendukung semua headset ROG.

Fitur Lain Khas ROG Phone Lebih Canggih

ASUS juga memperbarui fitur AirTrigger. Sekarang AirTrigger 3 mendukung touch sensor dan motion sensor. Artinya, kamu bisa memakai sensor sentuh di bagian samping bodi untuk fungsi lebih banyak. Mulai dari tap, slide, swipe dual partition button, multiple click, dan juga bisa mengistirahatkan jari di sensor tanpa memicu fungsinya.

Selain itu, ROG Phone 3 juga memiliki 4 mikrofon, colokan samping yang khas (tidak mengganggu saat main game sambing nge-charge), dan lampu Aura RGB di logo ROG di belakang. Tentunya masih ada pula aplikasi Armoury Crate (dan Game Genie) untuk pengaturan game.

Lalu jangan lupa ada berbagai aksesori baru ROG Phone 3 yang juga hadir di Indonesia. Seperti AeroActive Cooler 3, TwinView Dock 3, Kunai 3 Gamepad, ROG Clip, dan Lighting Armor Case.

aksesori ROG Phone 3
banner cybersport
%d blogger menyukai ini: