Rumor: Apple Rencanakan 7 Komputer Mac Baru untuk 2022

Mac dengan chipset M2 dan versi Pro

Anom Penulis

Seiring peralihan dari prosesor Intel ke chipset Apple Silicon, Apple nampaknya kembali mendorong produksi dan penjualan komputer Mac lebih serius. Rumor terbaru menyebutkan kalau Apple berencana merilis 7 komputer Mac baru dalam 1 tahun ini (2022 – 2023).

Ya, ada saat ketika Apple seolah lupa pada produk yang telah membesarkan namanya. Mereka fokus pada “anak emas baru,” yaitu iPhone. Bahkan fans Apple sempat mengeluh tidak ada perkembangan signifikan untuk komputer Mac, sementara PC Windows berkembang pesat dengan segala inovasinya.

Namun semua berubah ketika Apple mengumumkan chipset buatan mereka sendiri, yang generasi pertamanya disebut M1. Apple kemudian memproduksi komputer Mac baru secara rutin. Laptop MacBook baru, juga komputer iMac dan Mac Mini baru.

Jangka waktu 3 tahun Apple tetapan untuk melakukan peralihan total. Kini kita sudah melihat MacBook, iMac, dan Mac Mini baru dengan chipset M1, beserta variannya yang lebih powerful M1 Pro dan M1 Max. Namun masih ada beberapa komputer Mac yang absen dari seluruh portofolio Apple.

MacBook Pro 2021
MacBook Pro 2021

Rumor Komputer Mac Baru 2022

Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan kalau Apple bersiap untuk menuntaskan peralihan seluruh komputer Mac ke chipset M. Ia mengatakan kalau total bakal ada 7 komputer Mac baru.

Komputer Mac baru tersebut adalah:

  • Mac mini baru dengan chip M1 Pro.
  • MacBook Pro 13 inci dengan chip M2, menggantikan model tahun 2020 dan hadir di antara MacBook Pro 14 inci dan 16 inci.
  • Mac mini baru dengan chip M2.
  • iMac 24 inci dengan chip M2.
  • MacBook Air dengan chip M2 dan desain baru.
  • iMac Pro berukuran lebih besar dengan chip M1 Pro dan M1 Max.
  • Mac Pro yang berukuran lebih kecil (dari yang ada sekarang),generasi pertama dengan Apple Silicon, dengan 2 atau 4 chip M1 Max.
iMac 2021

Bisa kamu lihat, lini Macbook, iMac, dan Mac Mini sudah memiliki siklus rilis rutin seperti iPhone. Sementara itu Apple mulai merilis komputer Mac yang lebih powerful untuk kalangan profesional dengan chipset M mereka. Lihat saja rencana rilis iMac Pro dan Mac Pro.

Ekosistem Penuh

Mac memang merupakan komputer yang sering disebut sebagai produk komputer premium. Karenanya pengguna Mac tidaklah sebanyak pengguna komputer Windows. Toh harus kita akui kalau komputer Mac memberi pengaruh besar pada tren komputer, seperti juga iPhone pada smartphone.

Dengan peralihan ke chipset Apple Silicon, Apple juga menyelaraskan integrasi antar perangkat di ekosistem mereka menjadi jauh lebih baik (yah, karena chipset-nya sama-sama berbasis ARM). Jadi akan sangat menarik melihat bagaimana produk komputer Mac baru Apple luncurkan sepanjang tahun 2022 sampai 2023 ini.

Apa kamu berminat?

    %d blogger menyukai ini: