Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: Apple Siap Pamerkan “rOS” untuk Headset VR di WWDC 2022

Indri Penulis

Muncul rumor terbaru tentang headset VR Apple. Dengar-dengar Apple akan pamerkan “rOS” untuk headset VR mereka di acara WWDC 2022.

Acara WWDC 2022 tinggal sebentar lagi. Acara yang akan digelar secara online ini akan akan berlangsung pada minggu pertama bulan Juni 2022, atau tepatnya mulai tanggal 6 – 10 Juni 2022.

WWDC 2022 mungkin acara yang dirancang untuk kalangan developer. Tapi jangan salah, acara ini juga ditunggu banyak penggemar Apple lho. Apalagi biasa acara ini dipakai Apple untuk mamamerkan versi baru iOS, iPadOS, watchOS dan macOS.

Namun acara WWDC 2022 tahun ini mungkin akan berbeda. Karena gosipnya Apple siap mengumumkan OS baru bernama “rOS” di acara tersebut. Konon dia adalah OS yang khusus dirancang untuk perangkat headset VR Apple.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple dapat menggunakan WWDC 2022 sebagai kesempatan untuk memamerkan beberapa bagian rOS (diprediksi nama panjangnya adalah “Reality OS”), sistem operasi yang mendukung headset AR/VR-nya.

Nggak cuma itu, Mark Gurman juga memprediksi kalau Apple akan mengumumkan headset VR di acara itu. Tapi untuk ketersediaan produk, Gurman menambahkan kalau headset VR Apple mungkin baru bisa dibeli pada akhir tahun 2022, atau bahkan mundur lagi ke tahun 2023.

Kalau misalnya prediksi Mark Gurman tentang rOS meleset, kemungkinan Apple hanya akan memamerkan versi baru dari OS yang sudah ada yakni iOS 16 (Sydney), watchOS 9 (Kincaid), macOS 13 (Rome), dan tvOS 16 (Paris).

iOS 16 diperkirakan bakal menghadirkan pembaruan dalam hal notifikasi dan fitur pelacakan kesehatan yang baru. Sementara iPadOS mungkin akan mendapat pembaruan antarmuka multitasking yang baru. Sedangkan watchOS versi baru diprediksi mendapat peningkatan pada fitur aktivitas dan pelacakan kesehatan.

Baca Juga:  Inilah 3 Apple Watch Baru di Tahun 2022: Series 8, SE, dan Ultra

Oya, dalam laporannya, Mark Gurman juga memprediksi jika WWDC 2022 bisa juga digunakan untuk meluncurkan 2 Mac baru, salah satunya kemungkinan adalah MacBook Air terbaru. Sedangkan satu perangkat lain konon adalah Mac Mini versi baru / iMac 24 inci / MacBook Pro 13 inci kelas bawah.

Sayangnya belum ada detil apapun tentang apa saja fitur yang dimiliki rOS. Info yang kami dapatkan hanya OS tersebut dirancang untuk headset AR dan VR Apple, serta akan dikenalkan pada WWDC 2022. Hm, menarik, kalau begitu mari kita tunggu kejutan yang disiapkan Apple dalam acara WWDC 2022.