Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: Samsung Galaxy S22 Series Tidak Pakai Chipset dengan GPU AMD

Indri Penulis

Bukan chipset Samsung-AMD, gosip terbaru mengatakan kalau “mayoritas” ponsel di Samsung Galaxy S22 Series bakal pakai chipset Snapdragon 898.

Jajaran ponsel flagship Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 telah resmi diumumkan. Otomatis, Samsung Galaxy S22 Series akan menjadi pusat perhatian selanjutnya.

Kalau Samsung lagi-lagi memakai jadwal yang sama seperti biasanya, kemungkinan kita bakal melihat Samsung Galaxy S22 Series kuartal pertama tahun 2022.

Sebelum resmi diumumkan, seperti biasa sudah ada banyak bocoran yang beredar tentang seri flagship ini. Mulai dari bocoran kamera, sampai yang terbaru adalah bocoran chipset Samsung Galaxy S22 Series.

Bicara soal chipset, ini adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah ponsel flagship. Sebab chipset yang dipakai bakal mempengaruhi kinerja ponsel itu sendiri.

Sumber : Quadra Computer

Samsung sendiri sebelumnya dikonfirmasi sedang membuat chipset Exynos yang super kuat, yakni Exynos 2200. Ditenagai GPU AMD, chipset ini digadang-gadang bakal mengalahkan Apple A14 Bionic.

Sebagai chipset flagship, nggak heran banyak rumor mengatakan kalau chipset ini bakal dipakai jajaran ponsel flagship Samsung berikutnya, yakni Galaxy S22 Series (Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 pakai Snapdragon 888).

Sayangnya menurut forum Naver Korea Selatan (via Tron), kemungkinan nggak semua wilayah bakal kebagian Galaxy S22 dengan chipset Enynos 2200. Apa alasannya?

Konon, Enynos 2200 “nggak jadi” sebagus Apple A14 Bionic. Sebaliknya chipset ini justru masih menunjukkan hasil yang rendah, sehingga belum bisa diproduksi secara massal.

Kemungkinan Galaxy S22 yang ditenagai Exynos 2200 akan dijual di beberapa pasar (tidak termasuk Korea Selatan). Sedangkan ponsel lainnya kemungkinan besar bakal menggunakan chipset andalan Qualcomm berikutnya, Snapdragon 898. Chipset ini akan dibikin menggunakan node proses 4nm.

Baca Juga:  Huawei Mate Xs 2 Sajikan Spesifikasi Snapdragon 888, Stylus Support, dll

Selanjutnya, Galaxy S22 diprediksi tak akan merangkul teknologi kamera bawah layar seperti Galaxy Z Fold 3. Walau begitu, kemungkinan besar bakal ada peningkatan kamera yang sangat signifikan. Rumor sebelumnya mengatakan kalau Samsung bakal pakai kamera 200MP.

Nggak cuma itu, gosipnya mereka juga akan mengadopsi desain yang sama seperti jajaran Galaxy S21 Series. Galaxy S22 Series kabarnya juga menggunakan RAM dan konfigurasi penyimpanan yang sama.