Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: Windows 11 akan Punya Fitur Baru Sticker Editor, “Focus,” dll

Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan jika Windows 11 akan punya fitur baru Sticker Editor, dan beberapa fitur segar lainnya. Cek di sini buat lihat detilnya.

Windows 11 resmi rilis Oktober tahun 2021. Penerus Windows 10 ini hadir dengan fitur-fitur yang lebih keren, dan desain yang terlihat lebih simpel.

Seperti biasa setelah rilis, Microsoft secara konsisten menghadirkan pembaruan untuk OS barunya itu. Mulai dari pembaruan sistem keamanan, perbaikan bug, sampai penambahan fitur baru.

Bicara soal fitur baru, beberapa waktu lalu muncul rumor yang mengatakan bahwa Windows 11 akan kedatangan beberapa fitur baru. Walau belum dikonfirmasi oleh Microsoft, tapi ada beberapa leaker yang berhasil mendapat bocoran fiturnya.

Contohnya bocoran terbaru dari pengguna Twitter bernama Albacore (via XDA-Developers). Baru-baru ini, Albacore membagikan tampilan dari fitur baru yang ‘katanya’ akan datang ke Windows 11. Beberapa fitur yang dibocorkan oleh Alacore antara lain stiker untuk desktop, menambahkan opsi personalisasi baru ke Windows 11, dll.

Kita bahas dulu yang pertama. Berdasarkan cuitan dari Albacore, Windows 11 akan kedatangan fitur baru Sticker Editor. fitur tersebut disebut-sebut bisa dipakai untuk mengubah latar belakang/background.

Sayangnya fitur tersebut tidak akan berfungsi jika background berbentuk slideshow. Fitur Sticker Editor juga tidak berfungsi pada pengguna yang punya banyak monitor (atau setidaknya belum).

Baca Juga:  Cara Menggunakan Clipboard History di Windows 11

Terlepas dari itu, kalau kamu adalah penggemar kustomisasi, mungkin hal ini bisa menjadi kabar bagus buatmu. Yah, walaupun kami juga belum tahu seperti apa cara kerja fitur tersebut nantinya.

Perubahan lain yang dengar-dengar akan dihadirkan Microsoft berkaitan dengan notifikasi dan fitur Focus Assist di Windows 11. Nantinya halaman “Focus Assist” akan berubah nama menjadi “Focus,” dan  akan memiliki beberapa opsi baru yang bisa diaktifkan.

Contohnya, kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur sesi fokus di aplikasi Clock. Kamu juga bisa menyembunyikan lencana notifikasi untuk aplikasi taskbar, membisukan notifikasi sehingga bisa langsung masuk ke Action Center.

Nggak hanya itu, halaman Focus juga akan mendukung integrasi fokus ke aplikasi Outlook. Lewat dukungan ini pengguna Windows 11 bisa menjadwalkan waktu fokus lewat Outlook, atau membisukan notifikasi Outlook di semua perangkat.

Sekarang yang terakhir, konon Windows 11 akan kedatangan fitur “Sustainability” di aplikasi Settings. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mengaktifkan opsi daya terbaik, supaya komputer bisa lebih hemat energi.

Sampai sekarang kami belum tahu kapan Microsoft berencana untuk menghadirkan fitur-fitur di atas ke Windows 11. Tapi yang jelas, pengguna Windows Insiders akan bisa mencobanya terlebih dahulu nanti.