Rumor Twitter Bikin Fitur “Twitter Artikel,” Bisa Buat Tweet Super Panjang!

Indri Penulis

Twitter sepertinya tengah menyiapkan fitur “Twitter Artikel.” Fitur ini memungkinkan pengguna bikin cuitan panjang tanpa batas karakter.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Twitter ‘sangat pelit’ soal batasan karakter per cuitan. Dulu di awal peluncurannya, Twitter cuma membatasi pengguna agar menggunakan maksimal 140 karakter/tweet. Kemudian di tahun 2017, jumlah karakter sedikit dinaikan menjadi 280.

Walau mungkin itu memang ciri khas Twitter, tapi di sisi lain nggak sedikit pengguna yang merasa dibatasi saat menggunakan Twitter. Jadi nggak heran kalau ada sebagian pengguna yang selalu membandingkan Twitter dengan media sosial lain seperti Instagram dan Facebook, dalam hal pemakaian jumlah karakter untuk bikin caption.

Sadar akan kondisi tersebut, Twitter kini sepertinya telah mencari cara baru untuk memungkinkan pengguna menulis teks yang lebih panjang, yakni lewat fitur “Twitter Artikel.”

Fitur Twitter Artikel pertama kali ditemukan oleh peneliti aplikasi, Jane Manchun Wong. Dalam postingannya di Twitter, Jane menunjukkan sebuah menu tersembunyi yang menampilkan fitur “Twitter Articles” di dalamnya.

Walau sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut soal fitur tersebut, kemungkinan pengguna bisa menulis artikel (atau cuitan panjang) di media sosial tanpa batas 280 karakter seperti biasa.

Di sisi lain, sebenarnya di tahun 2020 lalu, Twitter telah memperkenalkan cara baru untuk berbagi cuitan yang disebut “Thread.” Lewat fitur tersebut, pengguna bisa melampirkan beberapa cuitan ke percakapan yang sama. Sayangnya, setiap cuitan yang dibagikan masih dengan batasan maksimal 280 karakter.

Jadi kalau nanti Twitter Artikel benar-benar rilis, pengguna kemungkinan akan lebih bebas mengekspresikan berbagai hal dalam bentuk tulisan.

Sementara itu, belum diketahui apakah Twitter akan memonetisasi fitur tersebut atau tidak. Dilansir dari 9to5mac, kalau misalnya nanti dimonetisasi, fitur tersebut mungkin eksklusif buat Super Follow atau pelanggan Twitter Blue.

    %d blogger menyukai ini: