Rumor iPhone 12: Bakal Mengubah Tren Smartphone Lagi?

Kembali ke jalan yang benar

Sudah ada beberapa rumor iPhone 12 yang beredar. Mulai dari desain hingga harga. Namun kali ini, ada satu rumor yang cukup menarik, dan kemungkinan akan mengubah kembali tren smartphone beberapa tahun kedepan.

Sebelumnya sudah kita ketahui bersama, iPhone 12 diberitakan akan memiliki 4 ukuran layar, mulai dari 5.4 inchi hingga 6.7 inchi. Nah gosip menarik yang beredar adalah untuk versi layar terkecilnya.

Sebuah video yang diunggah di kanal YouTube EverythingApplePro mengatakan bahwa iPhone 12 dengan layar 5.4 inchi akan sangat compact.

Koroy (EverythingApplePro) menyatakan bahwa iPhone 12 dengan layar 5.4 inchi ternyata lebih kecil dari yang kita harapkan. Dengan ukuran tersebut, maka iPhone tersebut akan lebih compact dan akan menjadi smartphone terpopuler tahun ini.

Dan seberapa kecil iPhone 12 5.4 inchi nantinya?

Menurut leak dari Macotakara, jika dibandingkan dengan ukuran iPhone SE 2020, iPhone terbaru ini akan berukuran lebih kecil, namun dengan ukuran layar yang lebih besar. Atau kita bisa menyebutnya bahwa iPhone 12 ini akan memiliki layar bezeless.

Perbandingan dimensinya, jika iPhone SE 2020 memiliki ukuran 138 x 67 mm, maka iPhone tersebut hanya berdimensi 131 x 64 mm saja.

Ya, Apple akhirnya membuat iPhone yang benar-benar ringkas, tanpa bezel. Selain itu, desain bezeless dari iPhone ini akan memiliki aspek rasio 19,5: 9. Lebih panjang dan lebih tipis dari rasio 16: 9 milik iPhone SE.

Apakah ada faktor minus nya? tentu saja ada.

Berbeda dengan versi Pro nya, iPhone 12 5.4 inchi ini masuk ke kategori kasta paling bawah di seri ini. Tidak adanya optical zoom 2x dan tidak adanya sensor LiDAR, bisa jadi akan membuat beberapa segmen pengguna lebih memilih iPhone 12 dengan dimensi yang lebih besar.

Bagi saya, jika rumor ini benar, maka akan mengubah tren smartphone kedepan.

JIka kita menengok kebelakang, di era awal tahun 2000, produsen ponsel berlomba-lomba membuat produk dengan ukuran sekecil-kecilnya. Mungkin diantara kalian ada yang masih ingat dengan Nokia 8210 yang memiliki desain elegan namun memiliki bodi yang sangat langsing.

Baru beberapa tahun terakhir, tren layar ponsel lebar menjadi sangat populer.

Nah mengingat iPhone menjadi barometer desain sebuah produk smartphone, maka akan menarik melihat apakah tren kembalinya dimensi smartphone ringkas akan terjadi lagi?

Secara pribadi, saya lebih menyukai dimensi ponsel yang ringkas dibandingkan yang jumbo seperti kebanykan smartphone yang beredar saat ini. Ukuran iPhone 4S adalah ukuran yang tepat untuk tangan saya.

Ya semoga saja rumor ini benar adanya, dan para produsen smartphone akan kembali ke jalan yang benar dengan memproduksi smartphone dengan dimensi ringkas.

%d blogger menyukai ini: