Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Terancam Kecewa, iPhone 14 Gosipnya Bakal Pakai Chipset Lama!

iphone 14 chipset
Indri Penulis

Rumor terbaru mengungkapkan jika iPhone 14 akan pakai chipset lama, sedangkan chipset Apple A16 terbaru eksklusif buat iPhone 14 Pro.

Sebenarnya rumor ini sudah sempat beredar beberapa bulan lalu tepatnya saat analis Apple, Ming-Chi Kuo mengatakan kalau nanti hanya model iPhone 14 Pro saja yang ditenagai chipset Apple A16 terbaru.

Waktu itu Ming-Chi Kuo mengatakan kalau iPhone 14 akan pakai chipset lama yakni Apple A15 seperti yang dipakai iPhone 13 saat ini. Sedangkan model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan didukung chip Apple A16.

Sekarang lewat postingan terbaru di Twitter dan Medium-nya, Kuo seolah mengulangi klaimnya beberapa bulan lalu tentang eksklusivitas chipset Apple A16. Cuma bedanya, kali ini Kuo turut menambahkan bahwa hal ini akan membuat adanya perbedaan proporsi pada model iPhone 14 Pro dan non-Pro.

Prosesor A16 terbaru akan eksklusif untuk dua model iPhone 14 Pro / high-end,” tulis Kuo dalam postingan blog Medium-nya.

Secara signifikan, hal tersebut akan meningkatkan proporsi pengiriman model iPhone high-end baru di 2H22 menjadi 50 – 60% (vs. 40 – 50% tahun lalu),” lanjutnya.

Kuo juga berpendapat kalau proporsi pengiriman model iPhone kelas atas nantinya juga akan berpengaruh pada peningkatan pesanan untuk ‘pemasok komponen kamera kelas atas.’ Apalagi secara khusus Kuo telah melihat pertumbuhan YoY yang signifikan untuk perusahaan-perusahaan tersebut.

Chipset A15 Bionic

Lebih lanjut, Kuo juga mengklaim bahwa kekurangan chip bukan menjadi faktor yang mempengaruhi rencana Apple ini. Rencana chip yang eksklusif untuk model Pro ini akan menjadi bagian strategi diversifikasi jangka panjang dan berlaku untuk seri iPhone 15 juga iPhone masa depan setelah tahun 2023.

Baca Juga:  Apa Perbedaan Antara iPhone iBox dan Inter? Pastikan Tidak Salah Pilih!

Selain itu dengan menciptakan strategi ‘eksklusivitas,’ disebutkan kalau Apple akan lebih mudah membuat masing-masing produk iPhone-nya terlihat unik dan spesial. Diharapkan strategi ini akan bisa mendorong penjualan iPhone Pro hingga 20%, menurut Kuo.

iPhone Pro benar-benar akan jadi incaran banyak orang, khususnya yang mendambakan kualitas kamera dan performa yang tidak bisa ditandingi oleh model non-Pro.

Wah kalau iPhone 14 benar-benar pakai chipset Apple yang lama, mungkin ini akan bikin penggemar yang sudah mengidamkan iPhone 14 agak kecewa. Pasalnya mereka nggak bisa menikmati peningkatan performa yang disajikan Apple A16.

Selain itu kelihatannya bakal menarik melihat perbedaan antara iPhone 14 dan iPhone 13 Pro serta iPhone 13 Pro Max. Ya kalau nanti harganya nggak jauh beda, perlu beli iPhone 14 atau nggak ya? Atau mungkin cukup beli iPhone 13 Pro atau Pro Max aja? Gimana menurutmu?