iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan Punya Fitur Always on Display

Indri Penulis

Gosip terbaru mengatakan jika Apple akan menghadirkan fitur always on display untuk iPhone 14 Pro daan 14 Pro Max. Semoga kali ini beneran ya!

Kabar ini datang dari Mark Gurman dari Bloomberg. Informasi lebih lanjutnya, Apple digadang-gadang akan memperkenalkan fitur tersebut berbarengan dengan rilisnya iOS 16.

Jadi sesuai julukannya, fitur always on display memungkinkan iPhone untuk menampilkan informasi dalam jumlah terbatas saat sedang terkunci.

Mark Gurman mengatakan cara kerja iPhone iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dengan always on display sama seperti yang ada di Apple Watch Series 5. Yakni akan menurunkan refresh rate di layar kunci dengan mode always on display, dengan begitu ponsel akan lebih menghemat energi saat layar tetap menyala.

Sampai sekarang belum jelas apakah iPhone baru akan menggunakan layar polikristalin oksida (LTPO) bersuhu rendah yang sama dengan Apple Watch terbaru tidak. Tapi yang jelas, layar berdaya rendah ini mampu memainkan peranan besar dalam membuat mode always on display berfungsi dengan baik (pasalnya dibuat supaya perangkat tidak menghabiskan terlalu banyak daya).

Sementara itu, tahun lalu, analis memperkirakan bahwa iPhone 13 akan hadir dengan layar LTPO untuk mengaktifkan mode always on display. Tapi sayangnya ketika jajaran iPhone 13 Series rilis, rumor tersebut tidak menjadi kenyataan.

Padahal selama ini sejumlah perangkat Android sudah mendukung mode always on display (bahkan sudah bertahun-tahun). Di ponsel Samsung Galaxy contohnya, mode always on display bisa menunjukkan waktu, tingkat baterai, widget, dll, dalam keadaan ‘ponsel tetap terkunci.’

Mark Gurman berharap iOS 16 benar-benar hadir dengan mode always on display, termasuk wallpaper dengan kemampuan ‘seperti widget.’ Nggak cuma itu, kalau gosip ini benar, always on display digadang-gadang bakal eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max (selain chipset A16 terbaru tentunya).

Di sisi lain, Apple akan mengumumkan sejumlah perubahan lain dalam gelaran WWDC 2022 di tanggal 6 Juni. Semoga di acara itu kita bisa dapat kejelasan soal berbagai gosip yang beredar sebelumnya ya.

    %d blogger menyukai ini: