Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Rumor: Semua Model iPhone 15 Series akan Punya Fitur Dynamic Island

dynamic island iphone 14 pro
Indri Penulis

Rumornya semua model iPhone 15 Series dakan punya fitur Dynamic Island. Hanya saja model dasar tidak dibekali ProMotion atau AoD.

Jajaran iPhone 14 Series resmi diumumkan beberapa waktu lalu. Dari semua model yang diumumkan, iPhone 14 Pro dan Pro Max adalah yang paling menarik perhatian.

popculture.id

Selain menjadi model premium dari seri ini, iPhone 14 Pro dan Pro Max juga menghadirkan fitur baru yakni Dynamic Island. Fitur ini menampilkan ‘sebuah bidang hitam’ yang mengelilingi lubang kamera depan. Bentuknya bisa bervariasi tergantung jenis perintah atau aplikasi yang sedang digunakan.

Nah kalau tahun ini hanya model iPhone 14 Pro dan Pro Maxsaja yang punya Dynamic Island, sepertinya tahun depan akan berbeda. Pasalnya menurut rumor dari Ross Young, semua model iPhone 15 Series nantinya akan punya fitur Dynamic island.

Kalau rumor tersebut benar, maka ini akan menjadikan Dynamic Island sebagai ‘fitur standar’ dari semua model iPhone terbaru. Selain itu fitur tersebut juga akan sepenuhnya menggantikan takik yang selama ini dipakai iPhone (sejak tahun 2017).

Dynamic Island sendiri merupakan cutting hitam berbentuk kapsul dan mengelilingi lubang kamera depan ponsel. Fungsi fitur ini adalah untuk menampung susunan kamera perangkat.

Apple berhasil mengemas Dynamic Island dengan cantik. Mereka memadukan fitur tersebut dengan UI lainnya menggunakan animasi yang bisa bikin Dynamic Island terlihat lebih besar, terutama saat pengguna berinteraksi dengannya.

Dynamic Island juga bisa menampilkan notifikasi aplikasi. Pengguna bahkan bisa memantau Live Activities lewat Dynamic Island juga lho (misal memantau skor olahraga langsung dari bagian atas layar).

Menambahkan Dynamic Island ke semua jajaran iPhone 15 Series jelas akan memberikan peningkatan yang signifikan ke model standar iPhone 15. Seperti yang kita tahu, iPhone 14 tahun ini cuma menghadirkan sedikit perbedaan dibanding model standar iPhone 13 sebelumnya. Jadi nggak heran kalau iPhone 14 tahun ini kesannya ‘boring’ gara-gara nggak ada fitur/desain baru yang asik.

Di sisi lain, Ross Young juga menambahkan kalau model standar iPhone 15 tetap tidak akan hadir dengan layar LTPO 120Hz. Padahal layar tersebut memungkinkan ponsel mendukung fitur Always on Display (AoD) dan umpan balik ProMotion yang tajam.

Konon Apple punya alasan masuk akal hingga mereka tidak membekali model standar iPhone 15 dengan layar LTPO 120Hz. Ross Young mengatakan kalau Apple kekurangan rantai pasokan terhadap layar LTPO 120Hz. Jadi pasokan layar LTPO 120Hz yang ada bakal lebih diprioritaskan ke model iPhone 15 yang lebih premium.

    %d blogger menyukai ini: