Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: iPhone Beralih ke Colokan USB C dari Lightning di Tahun 2023

Anom Penulis

Walau USB C sudah jadi colokan standar di iPad dan Mac, iPhone masih tetap menggunakan colokan lightning. Namun mungkin peralihan colokan iPhone itu akan segera terjadi. Paling tidak menurut analisa terbaru.

USB C kini sudah menjadi standar colokan dan kabel di berbagai perangkat. Hampir semua laptop dan smartphone Android menggunakannya. Standar ini tentu memudahkan pengguna, karena tidak perlu ganti-ganti kabel lagi.

Apple memang masih berkeras menggunakan colokan lightning di iPhone. Banyak orang menuduh bahwa hal itu merupakan usaha Apple mendapat untung dari penjualan aksesori bersangkutan. Bagaimanapun iPhone masih menjadi produk paling laku dari Apple.

Ming-Chi Kuo, yang melakukan survey soal ini, memberikan analisa bahwa kemungkinan besar iPhone di tahun 2023 akan beralih ke USB C dari lightning port. Hal ini akan mempercepat proses transfer data dan pengisian daya, walau masih tergantung pda pengembangan dukungan iOS.

Ia juga menyebutkan dalam tweet-nya bahwa industri aksesori juga akan berkembang seiring peralihan ini. Tentunya seiring adaptasi pada colokan USB C.

tweet ming chi kuo iphone usb c

Analisa Ming-Chi Kuo (yang seringkali akurat) memang bukan tanpa alasan. Banyak pengguna yang mengeluh soal “eksklusivitas” iPhone ini. Bahkan ada yang sampai melakukan modifikasi iPhone dengan USB C.

Sebelum ini Komisi Eropa juga sudah mengajukan proposal untuk penetapan standar USB C di berbagai peralatan elektronik. Mungkin proposal inilah yang mendorong Apple berniat mengganti colokan iPhone mendatang.

Memang di dunia yang nyaris nirkabel saat ini, colokan lighting di iPhone mungkin hanya berguna untuk mengisi daya saja. Itu pun sudah mendapat alternatif dari pengisian daya wireless dengan MagSafe.

Masalah USB C dan Lighting ini juga kemungkinan besar tidak dihadapi orang yang hanya memakai iPhone saja. Tapi kalau kamu termasuk yang menggunakan perangkat dari berbagai platform, mengurusi colokan berbeda bisa jadi masalah tersendiri. Dengan begitu standar keseragaman colokan USB C akan menjawab masalah ini.