Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bocoran Kamera Samsung Galaxy S22 Tak akan Pakai Sensor ToF

Indri Penulis

Bocoran pertama Samsung Galaxy S22 akhirnya keluar! Bocoran ini membeberkan tentang spesifikasi kamera penerus Samsung Galaxy S21.

Samsung Galaxy S21 Series resmi meluncur pada Januari lalu, dengan Galaxy S21 Ultra sebagai model paling premium di antara semuanya.

Seperti biasa setelah ada ponsel anyar keluar, selang beberapa minggu atau bulan lagi, bocoran penerusnya akan mulai muncul.

Nah, kali ini bocoran pertama dari penerus Samsung Galaxy S21, Galaxy S22 akhirnya keluar. Dan.. Bocoran kali ini membahas soal fitur incaran banyak pengguna, yakni soal kamera.

Bocoran Kamera Samsung Galaxy S22

Dilansir dari outlet berita Korea, ET News (via Phone Arena), rangkaian kamera belakang di Samsung Galaxy S22 kemungkinan ‘tidak akan memiliki’ sensor Time-of-Flight (ToF).

Sensor ToF selama ini diklaim mampu menghitung jumlah waktu yang dibutuhkan, agar berkas cahaya yang dipantulkan kembali ke sensor. Sensor ini juga membantu pemetaan 3D untuk gambar potret dan pengenalan wajah.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Dulu, Samsung Galaxy S10 5G, Galaxy Note 10+ dan Galaxy S20 Series dibekali sensor ini. Namun sensor ini tak lagi dipakai pada Galaxy Note 20 Series dan Galaxy S21 Series. Diprediksi, sensor ini juga tak akan lagi dipakai pada Galaxy S22.

Menurut ET News, salah satu orang dalam dari Samsung mengatakan, tanggapan konsumen terhadap kamera smartphone tanpa sensor ToF ‘tidak buruk.’ Karena itulah, perusahaan memutuskan untuk tidak membekali Galaxy S22 dengan sensor ToF.

Sementara menurut laporan tahun lalu, Samsung menciptakan teknologi ToF untuk mengimbangi Apple dan Huawei. Sayangnya, teknologi ToF belum bisa secepat dan seakurat sensor LiDAR milik Apple.

Karena Samsung sudah tidak memakai sensor ToF lagi di beberapa perangkat anyarnya, bisa jadi perusahaan memang telah menyerah dengan sensor ToF.

Baca Juga:  Inilah Spesifikasi Resmi Ponsel POCO M5 dan POCO M5s

Yah, memang, November 2020 lalu, Samsung sempat mengenalkan unit ToF ISOCELL Vizion 33D. Teknologi ini memiliki sistem demodulasi 4-tap untuk mengukur kedalaman yang tepat dari objek bergerak cepat.

ToF ISOCELL Vizion 33D juga diklaim mampu memetakan wajah pengguna secara akurat di tempat redup. Namun untuk saat ini, perusahaan kabarnya berencana menjual ToF ISOCELL Vizion 33D ke vendor smartphone asal China.

Sementara itu, cuma itu saja bocoran kamera Galaxy S22. Belum ada informasi lain soal ponsel ini. Tapi kalau peluncurannya sama seperti tahun ini, kemungkinan kita bisa melihat Galaxy S22 Series pada kuartal pertama tahun 2022.

Tapi yang jelas, kita tinggalkan dulu Samsung Galaxy S22. Karena untuk saat ini, semua mata akan tertuju ke Samsung Galaxy Z Fold 3 yang akan rilis beberapa bulan lagi.