Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor Komputer Mac Yang Akan Rilis 2022

Anom Penulis

Ada rumor baru soal produk Apple untuk tahun 2022, terutama soal berbagai komputer Mac, baik laptop MacBook, iMac, Mac Mini, dan Mac Pro. Nampaknya Apple akan cukup agresif merilis komputer Mac baru, termasuk yang menggunakan chipset “M2.”

Spekulasi ini datang dari Mark Gurman (via MacRumors). Pada edisi newsletter “Power On” terakhir, jurnalis Bloomberg itu menduga Apple akan ngebut menuntaskan peralihan chipset mereka pada lini komputer Mac. Lalu, Apple juga akan mulai meneruskannya dengan chipset yang lebih baru (dugaaan sementara bernama “M2”).

Rumor Komputer Mac Baru

Mark Gurman menduga paling tidak ada 5 komputer Mac baru dari berbagai seri di tahun 2022.

  • Komputer iMac high-end dengan chipset Apple Silicon layar di atas 24 inci.
  • Laptop MacBook Air dengan desain baru dan chipset “M2.”
  • Komputer Mac Mini versi baru.
  • Laptop MacBook Pro entry-level baru.
  • Komputer Mac Pro baru dengan chipset Apple Silicon.

Sejauh ini, Apple memang sudah merilis tiga kategori chipset, yaitu M1, M1 Pro, dan M1 Max. Lalu, seiring dengan peralihan chipset ini, Apple juga sudah merilis berbagai komputer Mac, seperti MacBook Air, Mac Mini, MacBook Pro, dan iMac.

iMac 24 inci Baru

Walau begitu, Apple masih punya “hutang” perangkat. Ada beberapa perangkat berkemampuan tinggi yang belum mendapat kesempatan beralih. Misalnya iMac versi besar (saat ini 27 inci) dan komputer profesional Mac Pro.

Karena Apple berniat melakukan peralihan dalam 2 tahun (sudah berjalan 1 tahun), maka tidak heran jika Mark Gurman menduga akan ada iMac high-end dan Mac Pro baru.

Kemudian tentu saja kelanjutan komputer Mac dengan penerus chipset M1 juga mulai berjalan. Dengan begitu, kita bisa berspekulasi kalau siklus yang serupa akan kembali hadir. Artinya, laptop MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini baru.

Baca Juga:  Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra & iPhone 13 Pro Max

Yang paling menarik di sini adalah MacBook Air yang katanya akan mendapat desain baru. Rumor sebelum ini menyebutkan kalau MacBook Air akan punya desain serupa dengan iMac baru. Penuh warna.

konsep MacBook Air baru

Produk Apple Lain

Selain komputer Mac baru, Mark Gurman menyebutkan kalau Apple juga akan merilis beberapa produk lain di tahun 2022. Yah, memang ada produk yang sudah jelas, seperti iPhone.

Beberapa produk menarik yang disebut adalah:

  • iPad Pro dengan desain baru dan update untuk iPad dan iPad Air.
  • iPhone SE versi baru dengan 5G.
  • Apple Watch SE baru dan model yang lebih tahan banting.
  • AirPods Pro.
  • Perangkat headset mixed-reality (AR/VR).

Apple memang sudah berhasil menghebohkan dunia komputer dengan chipset baru mereka. Tentu menarik melihat perangkat baru dengan chipset baru atau dalam kategori produk baru.