Headset VR Apple: Daya Komputasi Setara dengan Mac & Rilis Q4 2022

Indri Penulis

Headset VR Apple digadang-gadang akan rilis pada Q4 tahun 2022. Perangkat ini bahkan gosipnya punya daya komputasi setara dengan Mac.

Kabar terbaru ini datang dari Ming Chi Kuo (via Macrumors). Dalam catatan investor terbarunya, Ming Chi Kuo menggambarkan kalau headset VR Apple dapat dioperasikan secara independen, tanpa perlu menghubungkannya ke iPhone atau Mac.

Menariknya, Kuo juga membeberkan kalau headset tersebut akan menggunakan dua microdisplay 4K OLED dari Sony, serta ditenagai oleh unit prosesor ganda.

Nah ini yang bikin headset VR Apple menarik. Konon headset tersebut akan menggunakan chipset kelas atas yang kinerjanya setara dengan M1 (membuatnya daya komputasinya setara dengan Mac). Sementara yang satu lagi akan menggunakan chipset kelas bawah, dan bakal menangani komputasi terkait sensor.

Sumber : Macrumors

Headset VR ini disebut-sebut juga akn menyajikan hingga delapan modul optik. Kedelapan modul optik tersebut dipercaya mampu menyediakan layanan AR vido tembus pandang secara real-time. Fitur tersebut juga akan mampu menangani VR secara penuh.

Sementara itu, berdasarkan rumor yang beredar Maret lalu, headset VR ini akan memiliki bobot lebih ringan dibanding Oculus VR besutan Meta (500 gram), yakni sekitar 200 – 300 gram berkat eksterior kainnya.

Lebih lanjut, Ming Chi Kuo juga sempat membeberkan prediksi harga headset VR Apple. Perangkat ini diprediksi akan dijual mulai dari $1.000 sampai $3.000.

Di sisi lain, Apple memang telah lama digosipkan bakal terjun ke dunia Augmented Reality. Bahkan rumornya proyek Apple nggak cuma bikin headset VR lho.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini disebut-sebut tengah mengembangkan Apple Glass. Perangkat yang satu ini kabarnya baru akan debut tahun 2025.

Kacamata ini kabarnya akan menggunakan teknologi buatan Apple yang bisa menghadirkan pengalaman AR tembus pandang. Apple Glass gosipnya juga akan menawarkan pengalaman ‘mobile + AR’ dibanding headset VR Apple.

Satu lagi perangkat yang kabarnya tengah dipersiapkan Apple. Mereka disebut-sebut tengah mengembangkan lensa kontak berteknologi AR. Tapi perangkat yang satu ini mungkin baru tersedia antara tahun 2030 sampai 2040 (luama bangeeet!).

    %d blogger menyukai ini: