RUMOR – Layar iPhone Terbaru: Tanpa Notch dan Refresh Rate Tinggi

Indri Penulis

Apple kabarnya akan meluncurkan iPhone terbaru dengan layar tanpa notch dan memiliki refresh rate yang tinggi. Hm, kira-kira akan jadi seperti apa ponsel tersebut nantinya?

Berdasarkan rumor yang beredar, iPhone 12 akan memiliki beberapa perubahan radikal. Baik dari sisi desain maupun teknologi. Perubahan tersebut konon akan hadir di versi paling canggih iPhone terbaru.

Tanpa Notch

Apple telah lama menginginkan iPhone yang bebas bezel. Kalau menurut Jony Ive (yang saat ini sudah tidak di Apple lagi), iPhone tersebut dikenal dengan istilah ‘a single slab of glass.’

Hal ini ditemukan oleh LetsGoDigital melalui paten yang didaftarkan Apple dan dipublikasikan pada bulan Desember 2019. Temuan itu juga diperkuat oleh analis dari Credit Suisse Bank yang menyebut Apple akan mengurangi besar notch atau tidak menggunakannya sama sekali. iPhone tanpa notch ini juga disebutkan oleh Ben Geskin yang sering memberi bocoran.

Sumber Gambar : Forbes

Tidak adanya notch berarti tidak ada sensor untuk Face ID. Sebagai gantinya, iPhone tanpa notch ini disebut akan menggunakan otentikasi biometrik Touch ID baru yang berada di layar. Di sisi lain, rumor juga menyebut Apple mengembangkan kamera TrueDepth dan Face ID di bezel iPhone yang lebih tipis.

Rumor ini memang kontroversial. Karena rumor lain menyebut kalau iPhone tetap akan menggunakan Face ID, yang berarti tetap memiliki notch. Analis Apple, Ming-Chi Kuo sendiri meramalkan kehadiran iPhone tanpa notch baru di tahun 2021.

Layar Refresh Rate Tinggi

Layar dengan refresh rate tinggi menjadi salah satu tren yang berkembang di smartphone. Ice Universe, yang terkenal dengan bocorannya, mengatakan kalau Apple mempertimbangkan iPhone dengan fitur pilihan refresh rate 60Hz/120Hz untuk layarnya.

Apple disebut sedang mendiskusikan hal ini dengan Samsung dan LG. Seperti kita ketahui, kedua perusahaan itu merupakan penyedia layar OLED terbesar di dunia, dan pemasok layar untuk iPhone.

Saat ini, sudah ada produk Apple yang memiliki layar dengan refresh rate tinggi. Produk itu adalah jajaran iPad (2017 dan yang lebih baru). Walau bukan layar OLED, iPad mampu punya fitur itu melalui layar LED Retina ProMotion DIsplay. Jadi bukan tidak mungkin iPhone juga akan menyusul.

Ukuran Layar

Rumor menyebutkan kalau iPhone 12 akan memiliki beberapa model. Berdasarkan ukuran layar, kemungkinan akan ada satu model 6,7 inci, satu model 5,4 inci, dan dua model 6,1 inci. Semua model ini disebut akan memakai layar OLED.

Model 5,4 inci akan memiliki tinggi antara iPhone SE dan iPhone 8. Salah satu model 6,1 inci akan memiliki tinggi antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Sedangkan model 6,7 inci akan sedikit lebih tinggi dari iPhone 11 Pro Max.

Hal tersebut sudah dinyatakan oleh analis Apple, Ming-Chi Kuo. Selain itu, blog Jepang Mac Otakara juga menyebutnya berdasar supplier Apple dari Cina.

    %d blogger menyukai ini: