Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Rumor: Jadwal Peluncuran iPadOS 16 Diundur Sampai Oktober 2022!

Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan jika jadwal peluncuran iPadOS 16 akan diundur sampai Oktober 2022, agar Apple bisa hadirkan pengalaman lebih smooth.

Apple resmi memperkenalkan jajaran OS versi terbaru mulai dari iOS 16, iPadOS 16 dan macOS Ventura pada awal Juni 2022 dalam acara keynote utama WWDC22.

popculture.id

Pembaruan besar dalam sistem operasi perusahaan tersebut mengemas fitur dan juga berbagai perubahan menarik. Contohnya, perombakan total Lock Screen iOS16 iPhone dengan tambahan dukungan widget. Sedangkan tampilan Mac akan jadi lebih ramping berkat tweak UI dari macOS Ventura.

Lalu gimana dengan iPadOS 16? Ya, sejak pertama kali dikenalkan pada Juni 2022, iPadOS 16 memang sudah cukup menarik perhatian karena berbagai fitur barunya. Tapi kabar bagusnya, Apple kini dikabarkan tengah berupaya menstabilkan sistem operasi iPadOS 16 agar kinerjanya lancar ketika resmi diluncurkan.

Sayangnya di balik kabar baik, ada juga kabar buruknya. Ada rumor yang mengatakan kalau Apple bakal menunda peluncuran iPadOS 16 sampai Oktober 2022 untuk memperbaiki bug yang masih ada saat ini.

Menurut Bloomberg, Apple bisa saja menunda rilis publik iPadOS 16 sampai bulan Oktober 2022. Berbeda dengan rekan OS-nya yang lain seperti macOS yang pembaruannya telah dirilis secara terpisah, lalu iOS 16 dan watchOS 8 yang jadwal rilis publiknya dijadwalkan bulan September mendatang.

Kalau misalnya peluncuran publik iPadOS 16 terpaksa ditunda supaya pengalaman penggunaanya lebih smooth, mungkin hal ini bisa diterima oleh pengguna. Apalagi iPadOS 16 menawarkan fitur baru yang belum ada di versi sebelumnya. Jadi kalau pengalaman pemakaiannya benar-benar smooth, pasti kepuasan pengguna jelas bisa diraih dengan mudah.

Stage Manager

Nah ngomongin soal fitur iPadOS 16 nih. Ada salah satu fitur iPadOS 16 yang paling menonjol, yakni Stage Manager. Fitur baru ini memungkinkan pengalaman multi-screen baru di iPad M1. Mempertimbangkan seberapa kerennya fitur ini, nggak heran kalau Apple rela menunda peluncuran publik iPadOS 16.

Apalagi dengar-dengar saat ini Stage Manager masih agak bermasalah. Nah sepertinya Apple lebih suka membuat pengguna menunggu, daripada memberi mereka perangkat lunak ‘setengah jadi.’

Kalau kamu nggak sabar untuk menunggu hingga Oktober untuk peluncuran resmi iPadOS 16, kamu bisa ikut program beta publik secara gratis.

Tapi kamu juga harus maklum. Karena sifatnya masih beta, fitur-fitur yang ada di dalamnya belum jadi 100% dan pasti bakal ada bug atau masalah-masalah di dalamnya. Kalau mau fitur yang benar-benar sudah jadi, kamu tetap perlu menunggu sampai Oktober 2022.

Hehehe. Gimana, tertarik?

    %d blogger menyukai ini: