Rumor: Laptop Layar Lipat Samsung Flex Note akan Hadir Tahun Ini

Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan jika Samsung akan meluncurkan Flex Note tahun ini. Dia adalah laptop layar lipat pertama Samsung yang dipamerkan di CES 2022 lalu.

Dalam gelaran CES 2022 Januari lalu, Samsung memperkenalkan 4 konsep layar lipat terbaru bikinan mereka. Konsepnya bisa dibilang sangat unik yakni terdiri dari Samsung Flex S (perangkat yang bisa dilipat membentuk huruf S, bisa bentuk tablet dan ponsel), Samsung Flex G (perangkat yang bisa dilipat ke dalam membentuk huruf G), Samsung Flex Slideable (smartphone layar geser), dan Samsung Flex Note.

Nah yang akan saya bahas kali ini adalah si Samsung Flex Note. Dia adalah konsep laptop layar lipat pertama yang berhasil dibuat oleh Samsung.

Dengan konsep seperti ini, Samsung tak akan menghadirkan keyboard fisik seperti laptop pada umumnya. Sebagai gantinya, bagian keyboard fisik bakal diganti dengan layar sekunder. Lewat layar sekunder ini, pengguna bisa menggunakan keyboard on-screen untuk mengetik, menggunakan kontroler saat mengedit video, menggunakan pad input untuk menggambar, dll.

Menurut rumor terbaru yang beredar, konon Samsung akan mendebutkan laptop layar lipat Samsung Flex Note tahun ini. Rumor ini pertama kali dibeberkan oleh situs asal Belanda, Galaxy Club.

Dalam postingannya, Galaxy Club membeberkan kalau Samsung baru-baru ini mematenkan tiga nama kode untuk perangkat foldable alias layar lipat.

Ketiga kode yang dipatenkan Samsung adalah B4, Q4 dan N4. Karena nama tahun lalu untuk Samsung Galaxy Z Flip 3 dan Z Fold 3 adalah B3 serta Q3, kemungkinan benar kode B4 dan Q4 akan dipakai untuk Samsung Galaxy Z Flip 4 serta Galaxy Z Fold 4.

Lalu bagaimana dengan kode N4? Diprediksi kode ini akan dipakai untuk perangkat layar lipat yang berbeda dari biasanya, dan di sini perangkat yang dimaksud adalah Samsung Flex Note.

Lebih lanjut, Galaxy Club juga menyebutkan kalau Samsung tidak akan memproduksi laptop layar lipat dalam jumlah besar seperti produk ponsel foldable-nya. Bisa jadi Samsung mau melakukan uji coba pasar terlebih dulu, dan tentunya menguji coba kinerja produknya saat dipakai oleh konsumen. Kalau hasilnya melebihi ekspektasi, mungkin laptop layar lipat Samsung bakal dijual dalam jumlah banyak seperti model ponselnya.

Cukup menarik, kita tunggu saja beberapa bulan lagi. Kalau Samsung benar-benar akan mendebutkan laptop layar lipat, mungkin kita akan bisa melihat detil lainnya beberapa bulan lagi.

    %d blogger menyukai ini: