Rumor: Ponsel Layar Gulung Samsung Flex Slideable Debut Tahun Ini

Indri Penulis

Rumor mengatakan jika ponsel layar gulung “Samsung Flex Slideable” akan debut tahun ini. Ia akan menjadi ponsel layar gulung pertama Samsung.

Samsung telah meluncurkan jajaran ponsel flagship Samsung Galaxy S22 Series di awal tahun 2022. Itu artinya setelah ini, fokus utama Samsung adalah meluncurkan jajaran perangkat layar lipat terbaru mereka.

Menurut kabar yang beredar, sekitar pertengahan tahun ini Samsung akan mendebutkan ponsel Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4. Namun menariknya, konon akan ada beberapa ‘produk layar lipat baru’ yang debut bareng dua ponsel tersebut.

Rumor pertama mengatakan kalau laptop layar lipat pertama Samsung, Samsung Flex Note, akan debut bareng Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4.

Sementara itu rumor terbaru ini mengisyaratkan kalau Samsung juga akan mendebutkan ‘ponsel layar gulung’ pertama mereka. Kabar ini datang dari leaker terkenal Ice Universe. Leaker tersebut mengatakan kalau Samsung telah mematenkan produk baru dengan nama kode “Diamond.”

Ice Universe yakin kalau kode “Diamond” kemungkinan bakal dipakai buat produk ponsel layar gulung. Kalau kamu tanya soal nama resmi produknya, jujur sampai sekarang belum ada yang tahu apa nama resmi ponsel layar gulung Samsung. Tapi kalau menurut konsep yang mereka pamerkan di CES 2022 lalu, Samsung menamai konsep ponsel layar gulungnya dengan “Samsung Flex Slideable.”

Samsung Flex Slideable hadir dalam bentuk ponsel layar gulung, dan konsepnya mirip dengan dengan konsep ponsel layar gulung OPPO X 2021 yang dipamerkan akhir tahun 2020. Sayangnya hampir 18 bulan setelah diumumkan, belum ada tanda-tanda kalau konsep OPPO X 2021 akan debut dalam produk nyata.

Jadi kalau Samsung benar-benar mendebutkan ponsel layar gulungnya tahun ini, mungkin Samsung mencetak rekor sebagai produsen ponsel layar gulung pertama di dunia.

Oke, balik lagi ke Samsung Flex Slideable. Ice Universe juga sedikit membocorkan spesifikasi jeroan ponsel tersebut. Konon Samsung Flex Slideable akan ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1+ (diprediksi akan rilis Mei 2022), sama seperti Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4.

Samsung memang punya chipset andalannya sendiri yakni Exynos 2200 dengan GPU berbasis arsitektur ARM. Tapi selama ini semua ponsel layar lipat Samsung selalu menggunakan chipset bikinan Qualcomm, jadi ada kemungkinan kalau Samsung Flex Slideable akan pakai chipset Snapdragon.

Lebih lanjut, Samsung Display memang mampu memproduksi panel fleksibel. Tapi kabarnya masih ada banyak tantangan yang tersisa, sehingga Samsung Flex Slideable mungkin akan diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

    %d blogger menyukai ini: