Rumor Samsung Galaxy Note 20: Layar, Spesifikasi, Tanggal Rilis dan Harga

Sebagai smartphone Samsung yang akan datang, Galaxy Note 20 sudah memiliki banyak rumor beredar seputar kehadirannya. Baik dari model, desain, spesifikasi, dll.

Seperti kita ketahui, Galaxy Note merupakan lini smartphone dari Samsung yang punya layar besar dan mendukung pena stylus beserta fitur terkait. Samsung biasanya merilis ponsel ini di sekitar pertengahan tahun.

Nah, informasi apa saja yang kita ketahui soal Galaxy Note 20?

Nama Kode

Smartphone Galaxy Note 20 disebut memiliki nama kode “Project Canvas“. Nama kode ini menghadirkan spekulasi kalau Note 20 akan memiliki fitur yang lebih canggih untuk pena stylus S Pen.

Desain

Dalam perkembangannya, Samsung Galaxy Note jarang memiliki perubahan desain radikal. Dari sisi desain, biasanya ponsel ini masih membawa elemen dari seri Galaxy S dengan beberapa perbedaan.

Kemungkinan besar kita masih akan melihat desain dengan layar melengkung di samping dan dengan lubang kamera di tengah. Sementara di bagian belakang akan ada modul kamera yang mirip dengan Galaxy S20.

Varian Model

Dulu, Samsung biasanya hanya membuat satu model untuk Galaxy Note. Namun tahun 2019, Samsung mengumumkan 3 model Galaxy Note, yaitu Note 10, Note 10+, dan Note 10 5G. Sedangkan Galaxy Note 10 Lite di rilis Januari 2020.

Karena 5G sudah jadi standar baru, maka sudah termsuk di varian utama. Dengan begitu kemungkinan besar hanya akan ada dua model, yaitu Galaxy Note 20 dan Note 20+. Bahkan tidak ada versi Ultra seperti Galaxy S20.

Rumor ini diperkuat oleh pernyataan Ross Young (CEO dan Founder Display Supplay Chain Consultants) yang menyatakan tidak ada versi Ultra, hanya Galaxy Note 20 dan 20+, di Twitter. Yang menarik ia menyebutkan kalau Galaxy Fold 2 akan jadi “versi Ultra”.

Layar

Layar Galaxy Note 20 mendapat cukup banyak sorotan. Terutama untuk masalah refresh rate. Tapi selain itu juga ada perbedaan ukuran layar.

β€’ Ukuran Layar

Galaxy Note 10 memiliki layar 6,3 inci dan Note 10+ punya layar 6,8 inci. Ross Young membocorkan kalau ukuran ini akan jadi lebih besar sedikit.

Note 20 akan punya layar 6,42 inci dengan rasio 19,5:9 dan resolusi 2345×1084 (404 ppi). Sedangkan Galaxy Note 20+ akan punya layar 6,87 inci dengan rasio 19,3:9 dan resolusi 3096×1444 (497 ppi).

β€’ Refresh Rate

Samsung memperkenalkan layar OLED dengan refresh rate 120Hz di seri Galaxy S20. Namun sayangnya, refresh rate 120Hz itu hanya hadir di resolusi layar FHD+, bukan di resolusi maksimum WQHD+ yang dimilikinya. Perbaikan kemungkinan besar akan hadir di Galaxy Note 20.

Lagi-lagi Ross Young menyebutkan kalau kedua Galaxy Note baru di tahun 2020 ini akan memakai “LTPO” (Low-Temperature Polycrystalline Oxide) pada panel OLED miliknya. Kalau benar, maka ponsel ini akan jadi ponsel pertama yang memakai teknologi itu pada layar OLED. Selain itu, “LTPO” juga disebut akan mampu mengurangi pemakaian daya dan mampu beralih refresh rate secara langsung dan dinamis.

Sayangnya, ada rumor yang menyebut kalau versi standar Note 20 tidak memiliki layar 120Hz dan teknologi LTPO. Alih-alih tetap bertahan pada 60Hz dan teknologi LTPS.

β€’ Sensor Sidik Jari Ultrasonik

Masih dari Ross Young, ia juga menyebutkan kalau Samsung akan memakai generasi ke-2 sensor sidik jari ultrasonik dari Qualcomm, yaitu 3D Sonic Max. Sensor ini memiliki ukuran 17 kali lebih besar dari sebelumnya dan mendukung otentikasi sampai 2 jari.

Kamera

Untuk bagian kamera, sejauh ini rumor monyebutkan kalau Samsung Galaxy Note 20 masih akan berpijak pada Galaxy S20. Hanya saja ada beberapa optimalisasi.

Kamera Galaxy S20

Ice Universe menyebutkan kalau sistem kamera Note 20 memang sama dengan S20. Namun dengan tidak adanya versi Ultra di Note 20, belum jelas apakah sensor 108MP akan dipakai di Note 20+ atau tidak (lalu Galaxy Fold 2 yang memakainya).

UPDATE β€” Blog Galaxy Club melaporkan informasi yang mereka dapatkan kalau Galaxy Note 20+ akan memakai sensor kamera 108MP, seperti Galaxy S20 Ultra. Namun belum jelas apakah juga akan memakai konfigurasi lensa periskop untuk fitur “Space Zoom”.

UPDATE β€” Rumor menyebutkan kalau Samsung Galaxy Note 20+ akan memiliki kamera dengan konfigurasi periskop. Namun belum tahu apakah sama dengan di Galaxy S20 Ultra, karena disebutkan Note 20+ tidak akan memiliki zoom 100x.

Spesifikasi

β€’ Chipset

Biasanya ponsel Samsung papan atas selalu meliputi varian dengan prosesor Snapdragon atau Exynos terbaru. Jadi, Galaxy Note 20 akan memakai Snapdragon 865 dan Exynos 992 di beberapa negara tertentu. Versi Exynos cukup menarik karena prosesor itu dibangun dengan arsitektur 6nm, bukan 7nm.

β€’ RAM

Untuk RAM kemungkinan juga tidak jauh berbeda, yaitu paling tidak 12GB dengan pilihan sampai 16GB LPDDR5. Walau begitu, rumor kalau RAM 16GB menjadi standar cukup kencang bergaung. Artinya, ponsel ini bisa jadi monster multi-tasking.

β€’ Penyimpanan

Yang menarik, ada rumor soal kapasitas penyimpanan sebesar 128GB, sedikit berbeda dengan Note 10 yang memakai 256GB. Sedangkan untuk baterai, sejauh ini rumor masih mengatakan tidak jauh berbeda dengan Galaxy S20.

Tanggal RIlis dan Harga

Apabila semua berjalan sesuai tradisi, maka Samsung akan merilis Galaxy Note 20 pada bulan Agustus di acara UNPACKED. Namun tentu saja hal itu bisa berubah mengingat pandemi corona.

Untuk harga belum ada rumor lebih detil. Rata-rata masih menganggap harga Galaxy Note 20 ada di kisaran yang sama dengan pendahulunya, Note 10. Yaitu Note 20 mulai dari $949 dan Note 20+ mulai dari $1099.

%d blogger menyukai ini: