Samsung Galaxy Z Fold 4 Pakai “Super UTG” dan Mendukung S Pen Biasa

Indri Penulis

Samsung Galaxy Z Fold 4 rumornya akan hadir dengan kaca “Super UTG,” membuatnya mendukung pemakaian S Pen model biasa.

Ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 resmi meluncur tahun lalu. Galaxy Z Fold 3 berhasil menciptakan standar baru dalam dunia ponsel layar lipat, yakni ia berhasil debut sebagai ponsel layar lipat yang mendukung pemakaian stylus S Pen

Walaupun mendukung S Pen, tapi rupanya nggak semua S Pen cocok buat Galaxy Z Fold 3. Setelah diuji coba oleh beberapa pihak, ketahuan kalau Galaxy Z Fold 3 cuma cocok sama S Pen khusus ponsel layar lipat. Sebab pemakaian S Pen biasa (seperti yang dipakai di Galaxy Note atau Galaxy S22 Ultra) justru bisa merusak layar.

Pertanyaannya, apakah kejadian yang sama juga akan terulang di ponsel Samsung Galaxy Z Fold 4? Hm… Sepertinya tidak. Pasalnya baru-baru ini salah satu blog asal Korea, Naver mengatakan kalau Samsung Galaxy Z Fold 4 akan menggunakan Ultra-Thin Glass (UTG) versi terbaru.

Konon versi terbaru UTG akan menggunakan material yang jauh lebih kokoh dan tahan lama. Karena memakai material yang lebih kuat, diprediksi Samsung akan memasarkan versi terbaru UTG dengan nama “Super UTG.”

Super UTG digadang-gadang bisa mendukung pemakaian semua jenis S Pen, baik S Pen biasa atau S Pen khusus ponsel layar lipat seperti milik Galaxy Z Fold 3.

Kalau Super UTG benar-benar kuat dan tahan lama seperti yang diharapkan banyak orang, tak menutup kemungkinan kalau Galaxy Z Fold 4 tidak akan membutuhkan S Pen edisi khusus.

Selain itu, Super UTG disebut-sebut juga bisa mengatasi masalah layar retak seperti yang dialami oleh beberapa pengguna Galaxy Z Fold 3 baru-baru ini. Jadi ada beberapa pengguna Galaxy Z Fold 3 yang mengeluh karena layar ponsel mereka tiba-tiba retak saat dibuka, padahal mereka tak pernah menjatuhkan ponsel tersebut. Salah satu contoh kasusnya bisa kamu lihat dalam foto di atas (diunggah oleh salah satu pengguna Reddit).

Fyi, ponsel Galaxy Z Fold 3 (dan Galaxy Z Flip 3) masih pakai UTG versi lama. UTG sendiri dulu debut di ponsel Galaxy Flip sebagai kaca berukuran super tipis yang memang didesain khusus untuk layar lipat. Sejak saat itu, UTG terus dipakai Samsung pada jajaran ponsel layar lipat terbarunya.

Baiklah sekarang kita tinggalkan masalah UTG dan kembali lagi ke Galaxy Z Fold 4. Sebab kabar tentang Galaxy Z Fold 4 masih belum berhenti sampai di sini saja. Naver juga menyebutkan kalau Galaxy Z Fold 4 akan mendukung slot S Pen bawaan, sama seperti di ponsel Galaxy S22 Ultra.

Memiliki slot S Pen bawaan tentu akan membuat Galaxy Z Fold 4 menjadi lebih ringkas. Berbanding terbalik dengan Galaxy Z Fold 3 yang nggak mendukung slot S Pen. Pengguna masih harus menggunakan kasing tebal agar bisa menampung S Pen dan membawanya bepergian.

Sementara baru itu saja informasi terbaru yang kami dapatkan soal Galaxy Z Fold 4. Untuk kapan rilisnya, jujur sampai sekarang belum ada bocoran apapun soal itu. Tapi kalau jadwalnya persis dengan pendahulunya, mungkin kita bisa melihat Galaxy Z Fold 4 melenggang pertengahan tahun ini.

    %d blogger menyukai ini: