Rumor Terbaru! Samsung Galaxy Z Fold 4 Tak Punya Slot S Pen Bawaan + Ukuran Kecil

Indri Penulis

Ada kabar terbaru tentang Samsung Galaxy Z Fold 4. Konon Samsung Galaxy Z Fold 4 tak memiliki slot S Pen bawaan dan punya ukuran kecil.

Ponsel layar lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 meluncur tahun lalu. Ponsel ini hadir dengan dukungan stylus S Pen, tapi tanpa slot S Pen bawaan di bodinya. Jadi kalau pengguna ingin bawa S Pen dengan praktis, mereka bisa menggunakan kasing Samsung Galaxy Z Fold 3 dengan slot S Pen bawaan.

Penerus Samsung Galaxy Z Fold 3, Samsung Galaxy Z Fold 4 tahun lalu sempat di rumorkan ‘tak akan punya’ slot S Pen bawaan di bodinya, sama seperti pendahulunya. Tapi rumor yang muncul di bulan Februari 2022 mengatakan yang sebaliknya. Calon ponsel layar lipat terbaru Samsung ini akan hadir dengan slot S Pen bawaan, dan hal tersebut akan jadi ‘nilai jual utamanya.’

Wah kabar di atas mungkin bakal membuat penggemar Samsung Galaxy Fold kegirangan. Pasalnya dengan begitu mereka bisa membawa ponsel dan S Pen sekalian (alias nggak dibawa secara terpisah). Sayangnya kabar yang muncul di bulan April 2022 mungkin bakal bikin penggemar Samsung Galaxy Fold generasi terbaru kecewa.

Samsung Galaxy Z Fold 4 Tak Punya Slot S Pen Bawaan

Ice Universe, leaker teknologi terkemuka, baru-baru ini mengatakan bahwa Samsung Galaxy Z Fold 4 ‘tidak mungkin’ memiliki slot S Pen bawaan.

Beberapa sumber lain juga mendukung klaim terbaru Ice Universe. Mereka mengatakan bahwa tak adanya slot S Pen bawaan, diharapkan bisa menjaga ukuran fisik ponsel sekecil mungkin.

Fyi, desain Samsung Galaxy Fold saat ini bisa dibilang sangat besar. Bagaimana tidak, desain perangkat ini hampir sebanding dengan dua ponsel yang ditumpuk jadi satu ketika dilipat. Jadi kalau Samsung harus menambahkan slot S Pen bawaan ke bodi ponsel, kemungkinan hal tersebut akan membuat bodi ponsel tambah membengkak. Kecuali kalau Samsung secara substansial bisa mengecilkan komponen lainnya.

Oya seperti yang saya singgung sebelumnya, rumor tentang kemungkinan S Pen built-in di ponsel layar lipat keempat Samsung muncul di bulan Februari 2022. Rumor tersebut juga mengatakan kalau ponsel akan memiliki layar 7,56 inci, dan layar penutup berukuran 6,19 inci.

Tapi menurut tweet yang diunggah Ice Universe beberapa waktu lalu, Samsung Galaxy Z Fold 4 akan ‘sedikit lebih kecil dan tipis’ dibanding pendahulunya.

Sementara itu, kabar tentang Samsung Galaxy Z Fold 4 nggak cuma itu saja. Konon ponsel ini akan memiliki kamera telefoto yang sama dengan Samsung Galaxy S22 Series. Kalau kabar ini benar, jelas ini akan menjadi peningkatan yang sangat signifikan dari pengaturan kamera lama di Samsung Galaxy Z Fold 3.

Samsung juga mengonfirmasi di bulan Maret 2022, bahwa mereka akan menghapus embel-embel “Z” dari “Galaxy Z” pada perangkat layar lipat yang akan datang. Perubahan tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh invasi Rusia ke Ukraina, di mana huruf “Z” menjadi simbol pro-Rusia dan sering ditemukan di perangkat militer Rusia. Perubahan branding ini pertama kali diluncurkan di Estonia dan Latvia, dua negara yang berbatasan langsung dengan Rusia.

    %d blogger menyukai ini: