Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Rumor: Sony Bikin Sensor Kamera 100MP Buat Ponsel Kelas Menengah

Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan jika Sony saat ini tengah mengembangkan sensor kamera ponsel 100MP, yang ditujukan untuk ponsel kelas menengah.

Level perkembangan sensor kamera ponsel saat ini benar-benar tak terbantahkan. Kalau beberapa tahun lalu orang-orang dibuat puas dengan kamera beresolusi 48MP atau 64MP, sekarang produsen smartphone mulai memanjakan pelanggan mereka dengan kamera beresolusi hingga ratusan megapiksel.

Samsung contohnya, perusahaan asal Negeri Gingseng ini cukup aktif mengembangkan sensor-sensor dengan resolusi gila. Selain mengembangkan sensor 50MP dan 108MP, Samsung juga telah mempersiapkan sensor 200MP yang rumornya bakal dipakai Motorola Edge 30 Ultra dan Samsung Galaxy S23 Ultra tahun depan.

Salah satu pesaing Samsung, Sony, saat ini juga sama. Menurut Digital Chat Station (via SAMMOBILE) Sony saat ini tengah mengembangkan sensor kamera ponsel 100MP. Bukannya ditujukan untuk ponsel flagship, sensor tersebut konon lebih ditujukan buat ponsel kelas menengah.

sony 100mp sensor

Lebih lanjut, sensor tersebut diduga akan menjadi bagian dari seri Sony IMX8. Seri tersebut baru-baru ini memulai debutnya dengan IMX800, yakni sensor 54MP 1/1,49” yang dipakai dalam Honor 70 Series.

Sampai saat ini Digital Chat Station tidak membagikan detil soal sensor 100MP. Tapi karena sensornya lebih ditujukan buat ponsel kelas menengah, kemungkinan besar sensor tersebut bukanlah yang terbaik di jajaran Sony.

Digital Chat Station juga mengabarkan kalau Sony tengah mengembangkan seri IMX9. Sensor ini digadang-gadang ‘lebih mampu’ melawan beberapa sensor ajaib dari pesaingnya, Samsung.

Kalau kamu tanya apakah Sony memiliki sensor kelas atas? Ada. Mereka punya sensor super besar yakni sensor 1,0” yang dipakai pada ponsel Xperia Pro-I. Sensor tersebut awalnya dirancang untuk kamera RX100 VII. Tapi karena Sony kesulitan memasangnya, jadi akhirnya sensor tersebut dipakai pada ponsel.