Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Rumor: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Frekuensi Ultra-Tinggi

Indri Penulis

Snapdragon 8 Gen 2 kabarnya akan hadir dalam 2 versi terpisah. Salah satu versi Snapdragon 8 Gen 2 akan dukung frekuensi ultra-tinggi.

Sudah waktunya chipset andalan Qualcomm generasi terbaru diumumkan. Pasalnya Qualcomm terakhir mendebutkan chipset andalan Snapdragon 8 Gen 1 akhir tahun lalu. Jadi kalau jadwalnya masih sama, kemungkinan besar kita akan melihat penerus Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8 Gen 2 akhir tahun ini.

popculture.id

Sebelumnya sudah sempat muncul kabar soal Snapdragon 8 Gen 2. Rumor pertama mengatakan kalau chipset ini akan mendukung AV1 Decoding.

September ini muncul lagi rumor terbaru Snapdragon 8 Gen 2 yang datang dari Digital Chat Station. Leaker tersebut mengatakan kalau Qualcomm mungkin akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 2 dalam dua versi terpisah.

Snapdragon 8 Gen 2 versi standar akan dijual seperti biasa kepada khalayak umum. Sedangkan model Snapdragon 8 Gen 2 yang satunya digadang-gadang akan mendukung frekuensi ultra-tinggi.

Khusus model yang kedua, chipset ini akan mendukung kecepatan clock yang jauh lebih tinggi dibanding model standar. Sebagai perbandingan, saat ini Snapdragon 8+ Gen 1 berjalan pada 3,19 GHz. Nah chipset dengan frekuensi ultra-tinggi akan menawarkan setidaknya 3,4 – 3,5 GHz.

Selain itu, Digital Chat Station juga melaporkan kalau chipset dengan frekuensi ultra-tinggi akan menyajikan peningkatan yang signifikan dari segi GPU.

Snapdragon 8 Gen 2 kabarnya juga akan dibuat berdasarkan arsitektur 4nm TSMC. Chipset ini nantinya juga bakal mentenagai berbagai ponsel flagship generasi terbaru tahun depan.

Terakhir, Digital Chat Station juga mengisyaratkan bahwa chipset flagship generasi terbaru MediaTek juga bakal menawarkan peningkatan CPU yang sangat signifikan. Diprediksi hal ini nantinya akan menutup kesenjangan antara chipset Dimensity dan Snapdragon.

    %d blogger menyukai ini: