Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Galaxy Watch 5 Series Konon akan Punya Fitur Termometer

Indri Penulis

Samsung kabarnya tengah berupaya untuk menambahkan fitur termometer ke Samsung Galaxy Watch 5 Series, yang akan rilis tahun ini.

Jajaran smartwatch Samsung Galaxy Watch 4 Series meluncur Agustus tahun lalu, tepatnya berbarengan dengan rilisnya ponsel Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Samsung Galaxy Z Flip 3.

Samsung Galaxy Watch 4 Series hadir dalam dua varian, yakni Samsung Galaxy Watch 4 dan Samsung Galaxy Watch 4 Classic. Perbedaan mereka berdua terletak pada desainnya. Galaxy Watch tampil lebih trendy dan canggih. Sedangkan Galaxy Watch Classic tampil lebih klasik.

Tahun ini diprediksi penerus Samsung Galaxy Watch 4 Series, yakni Samsung Galaxy Watch 5 Series akan memulai debutnya. Sayangnya sampai sekarang, bocoran/rumor seputar calon smartwatch tersebut itu masih minim.

Kabar terbaru mengenai Samsung Galaxy Watch 5 Series kami dapatkan dari situs ETNews. Situs tersebut membocorkan kalau Samsung Galaxy Watch 5 Series akan memiliki fitur termometer. Fitur tersebut akan berguna untuk mendeteksi gajala awal COVID-19 (dan melacak penyakit lain yang disertai demam), serta melacak siklus ovulasi.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Samsung punya wacana untuk memasukkan fitur termometer ke dalam produk smartwatch. Kabarnya dulu Samsung sudah pernah punya rencana seperti itu, tapi mereka mengurungkannya.

Pesaing Samsung, Apple kabarnya juga punya wacana yang serupa. Mereka digadang-gadang bakal menambahkan sensor termometer untuk melacak siklus ovulasi di Apple Watch Series 8. Tapi menurut kabar terbaru, Apple kemungkinan tidak jadi memboyong fitur tersebut ke Apple Watch Series 8.

Alasannya cukup masuk akal. Suhu kulit di pergelangan tangan bisa berubah-ubah dengan cepat. Biasanya selain gara-gara demam, suhu kulit di pergelangan tangan bisa berubah karena faktor eksternal seperti paparan sinar matahari. Nah itulah yang membuat sensor termometer sulit mengukur suhu secara akurat.

Baca Juga:  Rumor: Laptop Layar Lipat Samsung Flex Note akan Hadir Tahun Ini

Tapi menurut kabar terbaru dari beberapa sumber di Korea, Samsung kini telah berhasil memecahkan masalah tersebut. Bahkan kemungkinan besar, sensor termometer bakal menjadi ‘fitur utama’ yang paling digembar-gemborkan Samsung tahun ini.

Tak hanya ada di produk smartwatch, tapi fitur Termometer kemungkinan juga akan hadir di produk Galaxy Buds terbaru. Pasalnya Samsung saat ini kabarnya tengah menguji coba prototipe Galaxy Buds dengan sensor termometer. Prototipe tersebut akan menggunakan sensor inframerah untuk melacak suhu di gendang telinga pengguna.

Lebih lanjut, Samsung Galaxy Watch 5 Series rumornya akan rilis Agustus 2022 alias tepat setahun setelah pendahulunya rilis. Dengar-dengar, smartwatch ini juga bakal memperkenalkan sensor elektrokardiogram sebagai peningkatan lebih besar pada pelacakan kesehatan.