Rumor: Apple Kembangkan Widget Interaktif untuk iOS 16

Apakah widget akan lebih berguna?

Anom Penulis

Widget menjadi fitur yang menjadi sorotan ketika iOS 14 meluncur untuk iPhone di tahun 2020. Kelihatannya widget akan kembali menjadi sorotan, jika rumor widget interaktif di iOS 16 ini benar. Namun terus terang, rumor ini masih sangat liar.

Widget di iPhone saat ini masih “sekedar” untuk memberikan informasi secara cepat. Sebagai sebuah tindakan, widget masih berupa shortcut untuk membuka aplikasi.

Bahkan belum semua pengembang memanfaatkannya sebagai pintasan fitur tertentu. Misalnya widget GoCar masih hanya membuka aplikasi, tidak menuju langsung ke penggunaan GoCar (juga tidak ada widget GoRide).

Tapi jika rumor ini benar, maka widget di iPhone akan bisa menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Rumor Widget Interaktif iOS 16

Rumor soal widget interaktif ini datang dari LeaksApplePro di Twitter. Ia mengunggah gambar yang menunjukkan widget tersebut, dengan nama kode internal “InfoShack.”

Dari gambar itu, bisa kita lihat kalau kita bisa mengelompokkan beberapa widget aplikasi menjadi satu grup. Menariknya, kelihatannya kita juga bisa menyematkan beberapa tombol dan tuas dari Pusat Kontrol (Control Center) ke grup widget bersangkutan.

Ini berarti kelompok widget itu lebih bersifat interaktif. Kita bisa mengambil tindakan langsung dari layar utama. Hm, menarik.

Benarkah Rumor Itu?

Pada gambar itu bisa kita lihat kalau desain ikon yang ada lebih mirip dengan macOS Monterey, daripada iOS 15. Namun desain ikon itu pula yang memberi keraguan akan akurasi rumor ini.

Seperti Phone Arena ungkapkan, ikon remote Apple TV yang ada di gambar itu terlihat salah. Karena tidak sesuai dengan ikon yang ada sekarang. Versi ikon remote Apple TV sekarang mirip dengan perangkat remote Apple TV aslinya.

Kecuali Apple merilis remote dengan desain baru, kelihatannya gambar bocoran itu meragukan. Tapi tentu saja, spekulasi soal ini bisa beragam.

Kita mungkin nanti akan bisa melihat berbagai bocoran fitur iOS 16 mendekati acara WWDC 2022 pada sekitar pertengahan tahun. Termasuk apakah rumor widget interaktif iOS 16 ini benar atau tidak.

    %d blogger menyukai ini: