Yang Perlu Kamu Tahu Soal S Pen di Samsung Galaxy S21 Ultra

Dukungan stylus S Pen di Samsung Galaxy S21 Ultra belumlah seperti di seri Note. Ada beberapa perbedaan fitur yang layak diketahui lebih jauh.

Ya, fitur S Pen merupakan hal baru di seri Galaxy S. Fitur ini membuat lini Galaxy S dan Note menjadi sedikit kabur. Rumor menyebutkan kalau Samsung akan menghapus lini Note dan fokus pada ponsel lipat, seperti Galaxy Z Fold atau Flip.

Nah, mari kita lihat apa beda S Pen di seri Galaxy S ini dengan di seri Note.

Tentang Fitur Stylus di Galaxy S21 Ultra

Samsung memperkenalkan dukungan stylus dengan dua varian, yaitu S Pen dan S Pen Pro. Stylus S Pen Pro akan menyusul kehadirannya.

s pen dan s pen pro

S Pen Dijual Terpisah

Samsung Galaxy S21 Ultra tidak dijual bersama dengan S Pen. Kalau ingin memakainya, kamu harus membelinya secara terpisah. Selain S Pen yang terjual sendiri, Samsung juga menyediakan casing dengan bundling S Pen.

Galaxy S21 Bisa Pakai S Pen dari Note

Samsung sudah memberi konfirmasi kalau ponsel Galaxy S21 Ultra bisa memakai S Pen dari Galaxy Note atau dari Galaxy Tab. Tapi sekali lagi, ada sedikit perbedaan.

Tidak Ada Tempat di Galaxy S21

Beda dengan seri Note, di Galaxy S21 Ultra tidak ada tempat untuk menaruh S Pen. Jadi Galaxy S21 Ultra tidak bisa kamu pakai untuk mengisi daya. Kalau mau, kamu bisa membeli casing yang menyediakan tempat untuk S Pen ini.

Tidak Ada Dukungan Koneksi Bluetooth

Karena tidak ada dukungan koneksi Bluetooth antara Galaxy S21 Ultra dan S Pen, kamu tidak bisa memakai kontrol gestur seperti di seri Note. Misalnya kalau mau menggeser slide atau melewati lagu hanya dengan melambaikan pena, layaknya Harry Potter.

Lalu kalau kamu secara tidak sengaja meninggalkan S Pen di suatu tempat, smartphone juga tidak bisa memberi notifikasi.

S Pen Pro Mendukung Kontrol Gestur

Kalau kamu mau fungsi stylus yang sama dengan di Galaxy Note, kamu harus menunggu kehadiran S Pen Pro. Samsung sudah menyebutkan kalau S Pen Pro memiliki fitur Bluetooth sama seperti di Galaxy Note.

Dari penampakannya, S Pen Pro terlihat mirip dengan S Pen untuk Galaxy Tab S7 atau Apple Pencil. Ukurannya juga lebih besar dari versi standar.

%d blogger menyukai ini: