Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Rumor: Samsung Mungkin Akan Hapus Lini Galaxy Note

Anom Penulis

Samsung sudah merilis berbagai perangkat yang impresif di acara Galaxy Unpacked 2020 di pertengahan tahun. Menuju ke peluncuran smartphone flagship berikutnya di tahun depan, muncul spekulasi kalau Samsung bisa saja hapus lini Galaxy Note dari jajaran seri mereka.

Peluncuran smartphone flagship Samsung berikutnya adalah seri Galaxy S21 atau S30 (namanya masih menjadi rumor). Smartphone seri S ini biasanya hadir di awal tahun, sementara seri Note datang di pertengahan tahun.

popculture.id

Rumor Perkembangan S Pen

Menurut laporan situs The Elec dari Korea Selatan, smartphone terbaru Samsung itu akan kembali dalam 3 varian. Yang menarik, laporan itu menyebutkan pula kalau varian yang paling canggih akan memiliki dukungan S Pen.

The Elec menyebutkan kalau seri S mendatang — yang memiliki nama kode “Unbound” — akan hadir dalam varian berkode M1, N2, dan O3. Varian berkode O3 inilah — yang kemungkinan besar jadi versi “Ultra” — yang katanya memiliki dukungan untuk S Pen.

Selain itu, The Elec juga menyatakan kalau Samsung pun akan memberikan dukungan S Pen pada ponsel lipat generasi mendatang, “Galaxy Z Fold 3”. Dukungan S Pen di ponsel lipat ini sebelumnya sempat hadir ketika Galaxy Z Fold2 akan diumumkan.

Terus terang rumor ini memang masih sebatas rumor. Mungkin masih jauh pangang dari api. Karena fitur S Pen ini terlihat bertumpang tindih antara dua lini smartphone. Tapi bukan berarti tidak masuk akal.

Galaxy Z Fold Jadi Smartphone Bisnis Baru?

Seperti kita ketahui bersama, pena bernama S Pen ini merupakan fitur khas dari seri Note. Berawal sebagai fitur phablet, S Pen mengukuhkan posisi Galaxy Note sebagai smartphone kelas bisnis.

Kita akui atau tidak, posisi “phablet” sekarang mulai beralih ke Samsung Galaxy Z Fold. Smartphone ini merupakan ponsel premium dengan segudang fitur canggih. Tradisi fitur paling canggih ini dulu menjadi milik seri Note.

Samsung Galaxy Z Fold2

Jadi sangat masuk akal kalau seri Galaxy Z Fold berikutnya mendapat dukungan S Pen. Yah, layar besar memang lebih ideal untuk memakai aplikasi menulis atau menggambar tangan.

Harus kita akui juga, kalau perhatian publik untuk terobosan Samsung juga sudah beralih ke lini Galaxy Z Fold, bukan lagi ke Note. Apalagi dengan begitu banyaknya bocoran yang hadir.

Jadi sangat masuk akal kalau Samsung hapus seri Galaxy Note dan menggantinya dengan Galaxy Z Fold. Kalau rumor dari The Elec benar, bisa saja Samsung memberikan S Pen pada seri S sebelum layar Galaxy Z Fold berikutnya siap untuk dukungan itu.

Tentu saja, kebenarannya masih perlu kita lihat lebih lanjut. Waktunya masih cukup lama dan perkembangan masih bisa berubah dengan cepat.

    %d blogger menyukai ini: