Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Samsung Galaxy M10 dan M20: 5 Hal Yang Perlu Diketahui

Samsung Galaxy M20
Anom Penulis

Samsung merilis handphone baru yaitu Samsung Galaxy M10 dan M20 di India. Kedua handphone ini ditujukan untuk bersaing dengan handphone Xiaomi. Apa saja yang menarik dari seri M ini?

Bukan rahasia lagi kalau Xiaomi berhasil menggerogoti pangsa pasar handphone di beberapa wilayah strategis. Salah satunya adalah di India, dan Samsung merupakan salah satu merk yang terkena imbasnya.

popculture.id

Oleh karena itu, Samsung kemudian mengambil langkah taktis dengan merilis handphone murah yang diharap mampu bersaing dengan handphone Xiaomi, atau dalam hal ini Redmi.

Ditujukan Untuk Milenial

Secara eksplisit Samsung menyatakan kalau handphone Samsung Galaxy M10 dan M20 ditujukan untuk generasi milenial. Dengan begitu, baik secara tampilan maupun secara fungsi, handphone ini mampu memenuhi semua kebutuhan mereka. Mulai dari desain yang kekinian, layar besar, fitur kamera ganda, baterai besar, sampai kemampuan konektivitas tinggi.

Layar Bezel-less dengan Infinity-V

Kalau handphone utama Samsung masih berpegang pada desain khas mereka, Galaxy M10 dan M20 menggunakan pendekatan berbeda. Kedua handphone ini memiliki layar bezel-less dengan notch tempat kamera di bagian atas.

Samsung menyebutnya dengan desain Infinity-V. Karena bentuknya memang menyerupai huruf V, bukan melingkar layaknya water drop notch lain. Samsung Galaxy M10 memiliki layar 6,2 inci HD+. Sementara Samsung Galaxy M20 memiliki layar 6,3 inci FHD+.

samsung galaxy M10 depan
Samsung Galaxy M10

Punya Spesifikasi Menarik

Kedua handphone ini menggunakan chipset Exynos octa-core. Samsung Galaxy M10 memakai Exynos 7870 dan Samsung Galaxy M20 memakai Exynos 7904.

Dari sisi RAM dan penyimpanan, Galaxy M10 tersedia dalam pilihan kombo 2GB+16GB dan 3GB+32GB. Sedangkan Galaxy M20 tersedia dalam pilihan 3GB+32GB dan 4GB+64GB. Varian yang cukup beragam dan leluasa untuk dipilih.

Sedangkan untuk baterai, Samsung Galaxy M10 punya kapasitas yang cukup standar, yaitu 3400 mAh. Di sisi lain, Galaxy M20 memiliki kapasitas yang seru, yaitu 5000 mAh.

Kedua handphone ini menggunakan kamera ganda. Kamera utama berkualitas 13MP (f/1.9) dan kamera kedua berkualitas 5MP dengan fitur ultra-wide. Kamera depannya berkualitas 5MP (f/2.0).

samsung galaxy M20 depan
Samsung Galaxy M20

Punya Fitur Yang Cukup Tinggi

Walau kedua handphone punya spesifikasi kelas menengah, namun ada beberapa fitur menarik yang biasanya ada di handphone papan atas. Samsung Galaxy M20 misalnya, dilengkapi dengan fast charging melalui koneksi USB type C.

Lalu kedua handphone ini memiliki fitur pengenalan wajah untuk membuka layar kunci. Bedanya, Galaxy M20 mendapat tambahan sensor sidik jari di bagian belakang. Dua fitur menarik lain yang ada di dua handphone Samsung seri M ini adalah dukungan penyimpanan microSD sampai 512GB dan dukungan dual SIM yang mendukung VoLTE.

Baru Tersedia di India

Ya, sayangnya kedua handphone ini baru tersedia di India. Dalam hal ini, Samsung bekerja sama dengan Amazon India untuk memasarkannya. Harga Samsung Galaxy M10 ada di kisaran Rp 1,5-1,7 juta. Sedangkan M20 ada kisaran Rp 2,1-2,5 juta.

Sejauh ini belum ada informasi apakah kedua handphone Samsung Galaxy M ini akan dipasarkan di luar India atau tidak. Bisa jadi, India menjadi tempat pertama. Apabila berhasil, baru dilepas ke wilayah lain. Bisa juga sebaliknya. Keduanya memang khusus dibuat untuk bersaing dengan Xiaomi di India.

    %d blogger menyukai ini: