Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Galaxy S23 Rilis Minggu Pertama Februari 2023, Pakai Snapdragon Semua

samsung galaxy s23 rilis
Sumber: NextPit
Indri Penulis

Samsung Galaxy S23 Rilis di minggu pertama Februari 2023. Konon semua ponsel Samsung Galaxy S23 Series akan pakai chipset Snapdragon.

Samsung biasanya punya tradisi meluncurkan jajaran Samsung Galaxy S-Series menjelang akhir Februari. Tapi sepertinya di tahun 2023 akan ada sedikit perubahan.

Baru-baru ini menurut sebuah laporan baru dari Korea Selatan, Samsung Galaxy S23 rilis di minggu pertama Februari 2023. Seperti biasa, ponsel tersebut akan rilis dalam acara Galaxy Unpacked 2023.

Kabarnya acara akbar tersebut akan digelar di San Francisco, California, AS. Setelah diumumkan, jajaran Samsung Galaxy S23 Series akan mulai dijual pada tanggal 17 Februari 2023.

Samsung Galaxy S23 Rilis Awal, Pakai Chipset Snapdragon?

Konon kabarnya, pasar smartphone global saat ini sedang mengalami penurunan. Ditambah lagi, bisnis chipset Samsung juga mengalami penurunan laba.

Maka dari itu, Samsung mencoba meluncurkan Samsung Galaxy S23 lebih awal. Hal tersebut diklaim bisa membantu perusahaan dalam memperoleh penjualan yang lebih tinggi, dibanding pesaingnya.

Samsung sendiri sempat mengatakan bahwa pendapatan mereka di Q3 2022 tidak terlalu memuaskan. Makanya mereka berjuang keras untuk meningkatkan angka penjualan Q1 2022. Salah satunya dengan meluncurkan ponsel lebih awal.

Sumber: Radio Times

Kalau Samsung Galaxy S23 diumumkan lebih awal, tentu itu adalah kabar yang bagus untuk penggemar. Pasalnya penggemar pasti sudah tidak sabar melihat jagoan ponsel flagship terbaru dari Samsung.

Nah pertanyaannya, kira-kira chipset mana yang akan dipakai Samsung Galaxy S23 Series? Apalagi dalam beberapa bulan terakhir, kabarnya adalah ‘pergolakan internal’ di dalam perusahaan.

Ada yang bilang kalau Samsung nggak akan memakai chipset Exynos untuk Samsung Galaxy S23 Series. Pasalnya performa Exynos terbukti buruk dalam beberapa tahun terakhir. Tapi para petinggi perusahaan bersikeras untuk tetap memakai Exynos.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Sensor Sidik Jari Tidak Merespon di HP Samsung

Menurut kabar yang beredar, Samsung tetap akan menggunakan chipset Exynos 2300 ke Samsung Galaxy S23 Series. Tapi itu cuma berlaku untuk beberapa pasar. Sedangkan untuk mayoritas pasar akan pakai Snapdragon 8 Gen 2.

Tapi berdasarkan berita terbaru ‘langsung dari Qualcomm,’ semua model Samsung Galaxy S23 Series akan pakai chipset Snapdragon 8 Gen 2. Hal tersebut disampaikan CFO Qualcomm, Akash Palkhiwala.

Akash mengonfirmasi bahwa Samsung Galaxy S23 Series akan ditenagai chipset Snapdragon ‘secara global.’ Itu artinya Samsung sudah menyerah dan melepaskan chipset Exynos-nya.

Cristiano Amon, presiden dan CEO Qualcomm juga mendukung konfirmasi Akash. Ia mengatakan kalau Samsung Galaxy S23 Series ‘di seluruh dunia akan pakai chipset Snapdragon.’

Jelas ini adalah kabar bagus untuk penggemar Samsung. Seperti yang kita tahu, selama ini ada banyak keluhan yang disampaikan pengguna ponsel Samsung dengan chipset Exynos.

Ponsel Samsung dengan chipset Exynos dinilai punya performa super lambat. Berbeda dengan saudara kandungnya yang ditenagai chipset Snapdragon.

Sementara itu, nggak lama setelah Qualcomm mengonfirmasi kabar ini, ponsel Samsung Galaxy S23+ muncul di Geekbench. Ponsel tersebut tampak ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2, punya RAM 8GB dan menjalankan Android 13.

Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected] Jangan lupa baca artikel lain seputar Samsung dari Indri ya.


Sumber:

  • https://www.androidcentral.com/phones/samsung-galaxy-s23-series-will-be-powered-by-snapdragon-chipset
  • https://www.sammobile.com/news/galaxy-s23-launch-first-week-february-2023/