Samsung Mau Bikin Chipset 3nm dan Rilis Kuartal Pertama Tahun 2022

Dalam acara Samsung Foundry Forum, Samsung membeberkan rencana mereka yang mau bikin chipset 3nm dan 2nm dalam waktu dekat.

Pelan tapi pasti, beberapa perusahaan smartphone mulai melepaskan diri dari produsen chipset dunia seperti Qualcomm dan MediaTek.

Salah satu contohnya adalah Samsung. Dari tahun ke tahun, Samsung terlihat makin bersungguh-sungguh bikin chipset yang dapat mengalahkan Snapdragon dari Qualcomm.

Nggak cuma itu, kalau berhasil bikin chipset sendiri, ini akan membuat harga ponsel Samsung lebih murah dibanding saat pakai chipset Snapdragon atau yang lainnya.

Baru-baru ini dalam acara Samsung Foundry Forum, presiden dan kepala Samsung Foundry Business, Choi Si Young membeberkan rencana Samsung yang mau bikin chipset 3nm dan 2nm.

Menurut penjelasan dari Si Young, Samsung ingin tetap bersaing secara kompetitif walaupun kekurangan komponen global. Raksasa asal Korsel itu juga bakal memimpin teknologi chipset tercanggih, sambil mengambil penskalaan silikon selangkah lebih maju.

Untuk memulai rencananya ini, Samsung rencananya mulai memproduksi chipset 3nm secara massal pada paruh pertama tahun 2022.

Chipset anyar ini diklaim mampu meningkatkan kinerja sebesar 30% dan menggunakan daya setengahnya berkat node gate-all-around (GAA) 3nm. Chipset 3nm Samsung juga bakal punya ukuran jauh lebih kecil, membuatnya bisa 35% lebih hemat ruang dari pada chipset 5nm.

Chip 3nm generasi pertama bakal diproduksi oleh pabrik Samsung yang ada di Pyeongtaek, Korea (yang saat ini sedang direnovasi supaya bisa menampung lebih banyak pekerja). Sedangkan chip 3nm generasi kedua bakal diproduksi tahun 2023.

Samsung juga berencana untuk membuat chipset 2nm. Si Young mengatakan kalau proses produksi massal chipset 2nm baru akan dimulai tahun 2025.

Walau proses produksinya masih lama banget, tapi Samsung mengatakan kalau chipset 2nm mereka sudah memasuki tahap pengembangan. Chipset ini akan menggunakan teknologi GAA dan multi-bridge-channel FET.

%d blogger menyukai ini: