Samsung Rilis Smart Monitor, Bisa Jadi TV Sekaligus PC

Samsung resmi mengumumkan Smart Monitor terbarunya. Smart Monitor ini bisa menjadi TV sekaligus PC, serta terdiri dari dua varian yakni M5 dan M7.

Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, mungkin lebih terkenal dengan produk-produk smartphone-nya. Sebut saja seperti lini Samsung Galaxy S20 Series dan Samsung Galaxy Note 20 Series.

Namun selain ponsel, Samsung juga membuat banyak peralatan elektronik lainnya, salah satunya monitor komputer. Samsung sendiri terkenal memiliki produk monitor komputer yang unik, seperti Space Monitor yang hadir tahun lalu.

Akhir tahun ini, Samsung kembali merilis monitor anyar bernama Smart Monitor. Produk ini diklaim sebagai monitor pertama yang menggabungkan layanan media over-the-top, mobile connectivity dan kemampuan PC jarak jauh.

Samsung Smart Monitor Adalah Produk Multifungsi

Smart Monitor terdiri dari dua varian yakni M5 dan M7. Smart Monitor M5 memiliki ukuran 27 inci ($230) dan 32 inci ($280). Sementara M7 berukuran 32 inci, menawarkan resolusi 4K dan dibanderol $400.

Kedatangan Smart Monitor memang tidak langsung menarik perhatian seperti Space Monitor. Walau begitu, Smart Monitor punya lebih banyak fitur.

Sumber Gambar : The Verge

Layaknya jajaran Samsung TV, monitor anyar ini menjalankan Samsung Tizen OS. Monitor ini dapat terhubung ke WiFi, menampilkan konten HDR10 dari aplikasi Hulu, Netflix, Apple TV, YouTube, dll, tanpa perlu alat tambahan.

Baik M5 atau M7, mereka berdua dapat dipasang ke dinding atau lengan monitor lewat dudukan 100 x 100 Vesa. Setiap monitor memiliki dua speaker 5W bawaan, termasuk remote control dengan dukungan asisten suara Bixby 2.0, Alexa dan Google Assistant.

Smart Monitor kompatibel dengan AirPlay 2. Hal ini membuatnya mudah untuk melakukan transmisi dari perangkat Apple.

Monitor ini juga bisa dipakai seperti PC lho. Pengguna bisa menghubungkan mouse dan keyboard lewat Bluetooth 4.2, menghubungkannya dengan Office 365 lewat mesin virtual tanpa perlu perangkat keras tambahan.

Perangkat ini pun bisa terhubung secara nirkabel lewat DeX. Fitur ini biasanya ada di gadget flagship Samsung, yang memungkinkan pengguna memakai ponsel seperti di desktop.

Pengguna juga dapat menayangkan tampilan layar ponsel Samsung (minimal menjalankan Android Oreo 8.1 atau lebih baru) ke monitor. Caranya dengan mengetuk tepi kanan atas monitor, tempat tag NFC-nya berada.

Sumber Gambar : The Verge

Khusus Smart Monitor M7, perangkat ini memiliki konektivitas gadget terlengkap. Pengguna dapat menyambungkannya ke laptop lewat USB-C (menampilkan video DisplayPort, transfer data, dan daya hingga 65W).

M7 juga dibekali dua port HDMI 2.0 (M5 punya dua port HDMI 2.0 tanpa USB-C). Pengguna M7 juga bakal menemukan tiga port USB-A 2.0 (M5 hanya memiliki dua port USB-A 2.0).

Sementara itu, Smart Monitor M5 akan hadir dalam beberapa minggu. Sementara M7 akan dirilis pada awal Desember 2020. Monitor nantinya bisa dibeli lewat situs Samsung.com atau retail rekanan lainnya.

%d blogger menyukai ini: