Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Gunakan Samsung SmartThings Find Untuk Lacak Perangkat Galaxy

samsung smartthings find
Anom Penulis

Tidak bisa menemukan smartphone atau earbuds Samsung Galaxy milikmu? Tenang, Samsung mengumumkan layanan baru bernama SmartThings Find yang berguna untuk membantu menemukan dan melacak semua perangkat Galaxy.

Kita semua pasti pernah tiba-tiba tidak bisa menemukan perangkat yang kita punya. Apakah itu Galaxy S20 terselip di bawah bantal, Galaxy Buds Live jatuh di bawah sofa, atau Galaxy Watch tertinggal entah di mana. Permasalahan sederhana tapi bikin sebal.

popculture.id

Permasalahan itulah yang ingin dipecahkan oleh Samsung dengan SmartThings Find. Dengan memanfaatkan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan ultra-wideband (UWB), layanan ini mampu menentukan lokasi tiap perangkat.

Hebatnya, layanan ini tetap bisa melacak perangkat Galaxy walau perangkat bersangkutan sedang offline alias tidak terhubung ke internet. Bagaimana bisa?

Samsung menyebutkan kalau pengguna memilih mengijinkan akses pelacakan, perangkat yang offline akan memancarkan sinyal BLE yang bisa diterima perangkat lain. Smartphone Galaxy milikmu — atau smartphone Galaxy lain yang kamu beri ijin akses — akan bisa membantu menemukannya.

aplikasi samsung smartthing find

Layanan ini juga memiliki fitur peta untuk mempermudah penunjukkan letak perangkat. Selain itu, SmartThings Find juga bisa “mengontak” perangkat yang hilang atau menunjukkannya dengan pencarian berbasis AR (bila perangkat mendukung).

Apakah aman? Samsung menyebutkan kalai data pengguna di SmartThings Find melalui proses enkripsi dan dilindungi. Jadi orang yang tidak punya akses tidak bisa melihatnya. Samsung sudah menguji layanan ini dengan 6 juta pengguna di Korea dan Amerika.

Layanan ini berfungsi pada smartphone dan tablet Galaxy dengan Android 8 atau lebih baru, Galaxy Watch dengan Tizen 5.5 atau lebih baru, dan Galaxy Buds+ juga Galaxy Buds Live. Khusus fitu UWB baru tersedia untuk Galaxy Note20 Ultra dan Galaxy Z Fold2. Layanan ini akan hadir pada perangkat bersangkutan melalui update sistem operasi.

    %d blogger menyukai ini: