Apple Hadirkan Fitur Baru Saran Pencarian di App Store

App Store baru saja mengumumkan kalau mereka telah menghadirkan fitur saran pencarian baru. Fitur ini akan mempercepat pencarian di App Store.

Baru-baru ini, akun Twitter resmi App Store menyatakan bahwa Apple telah meluncurkan saran pencarian di etalase aplikasi iOS-nya. Sebagai permulaan, fitur saran pencarian ini diluncurkan ke AS, Kanada, Inggris dan Australia lebih dulu.

Sebenarnya sebelum resmi diluncurkan, saran pencarian sempat muncul di beberapa iPhone bulan ini. Namun kemunculan itu masih bersifat ‘uji coba.’

Tentang Fitur Saran Pencarian Baru di App Store

Apple mengatakan dengan fitur baru ini, pengguna App Store bisa memilih (atau membatalkan pilihan) beberapa saran untuk mempersempit pencarian. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan aplikasi dan game yang lebih menakjubkan.

Cara kerja tool ini sangat mudah. Pertama, pengguna cukup mengetikkan istilah pencarian ke App Store. Setelah itu, Apple akan memprediksi apa yang ingin dicari pengguna dan menawarkan beberapa kata yang relevan.

Ketika pengguna mengetuk salah satu saran yang muncul, App Store akan ‘kembali mempersempit’ pencarian, serta mempercepat pencarian untuk jenis aplikasi tertentu.

Fitur baru ini sangat mudah digunakan. Misalnya, sebagai seorang penggemar berita, kamu bisa mengetik istilah ‘news’ ke bilah pencarian. Setelah mengetuk tombol penelusuran, istilah seperti sport, game, technology, dan lainnya akan muncul di bawah bilah pencarian.

Dengan mengetuk salah satu saran yang muncul, App Store akan dapat mempersempit pencarian istilah. Contohnya setelah kamu mengetik ‘news’ di bilah pencarian dan memilih saran ‘sports.’ Di bawah bilah pencarian akan muncul lagi saran yang lebih spesifik yakni ‘fantasy.’

Kalau kamu mengetuk saran ‘fantasy,’ yang kamu lihat nanti adalah daftar aplikasi yang berhubungan dengan ‘fantasy baseball,’ ‘fantasy football,’ atau fantasy sports lain yang kamu sukai.

Namun perlu kamu pahami, tidak semua pencarian dapat menghasilkan banyak saran. Tapi topik yang ‘sering kamu lihat’ sudah pasti akan muncul di bawah bilang pencarian.

%d blogger menyukai ini: