Di mana Letak Folder Screenshot Steam? Ini Jawabannya

Apakah kamu sedang mencari di mana folder screenshot aplikasi Steam di komputer? Kalau kamu kesulitan mencarinya, di sini kamu bisa temukan cara menemukannya.

Ya, bukan rahasia lagi kalau tangkapan layar dan Photo Mode sudah menjadi bagian dari kultur gaming. Apalagi kalau mereka memainkan game yang cocok untuk Photo Mode karena punya tampilan visual keren.

Ada banyak cara untuk membuat screenshot game di PC. Salah satunya adalah melalui aplikasi Steam (kamu bisa unduh di situs resmi). Para gamer yang menggunakan Steam juga sering berbagi tangkapan layar game yang mereka mainkan pada komunitas di sana.

Selain berbagi di komunitas, tentunya screenshot game keren juga layak jadi bahan postingan di media sosial. Yang membawa kita pada pertanyaan di atas.

Tapi mari kita bahas satu persatu agar lebih jelas. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali memakai Steam.


Cara Membuat Screenshot Steam

Untuk membuat screenshot dengan Steam, kamu hanya perlu menekan tombol F12 di keyboard. Screenshot akan tersimpan secara otomatis di galeri aplikasi Steam.

Cara Membuka Galeri Screenshot

Untuk melihat koleksi screenshot yang sudah kamu buat, ikuti langkah ini. Buka aplikasi Steam, lalu di Menu, tekan View > Screenshots. Alat Screenshot Uploader akan terbuka dan kamu bisa melihat tangkapan layar milikmu.

Kamu bisa memilih tangkapan layar dari game yang kamu mainkan melalui dropdown menu di bagian ‘Show‘. Di sini, kamu juga bisa mengunggah foto itu ke situs komunitas Steam dengan memilih gambar bersangkutan lalu tekan Upload atau menghapusnya dengan tekan Delete.

kumpulan screenshot di aplikasi steam

Membuka Folder Screenshot Steam

Nah, di Screenshot Uploader aplikasi Steam, kamu juga bisa membuka folder screenshot yang sudah kamu buat itu dan tersimpan di dalam komputer, yaitu dengan klik tombol Show on Disk. Nanti jendela File Eksplorer akan muncul dan menunjukkan folder screenshot.

Kalau kamu penasaran dengan letaknya di dalam File Eksplorer Windows, folder itu ada di C:\Program Files (x86)\Steam\userdata\ dan dalam folder lebih jauh (folder memiliki nama dengan angka yang bisa berbeda di tiap pengguna) yang berakhir dengan folder Screenshots.

Melihat Galeri Online

Seperti kamu lihat, kamu juga bisa membuka galeri foto online di Steam melalui Screenshot Uploader ini, yaitu dengan klik tombol View Online Library. Di sana kamu bisa melihat gambar tangkapan layar yang sudah kamu unggah.


Nah, setelah mengetahui letak folder screenshot Steam, kamu bisa menggunakannya untuk bahan posting di tempat lain—misalnya medsos—selain di komunitas Steam.

Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: