Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Seleksi Beberapa Teks Sekaligus di Google Docs Bikin Kerja Lebih Cepat

google docs logo
Anom Penulis

Google memperbarui fitur aplikasi pengolah dokumen mereka. Sekarang kamu bisa membuat seleksi untuk beberapa teks (kata dan kalimat) sekaligus dan mengubah format mereka dalam satu tindakan di Google Docs.

Fitur baru ini tentu sangat berguna untuk membuat dokumen jadi lebih enak dilihat dengan cepat. Kamu bisa fokus menulis terlebih dulu sampai selesai, memilih teks yang punya kriteria sama, lalu memformatnya sekaligus. Tidak perlu repot mengubahnya satu demi satu.

Dalam pengumumannya, Google menyebutkan kalau kamu bisa melakukan beberapa tindakan—seperti copy, paste, atau format—pada multi-seleksi tersebut. Fitur ini akan hadir bagi semua pengguna Google Workspace (pada dasarnya semua orang bisa melakukannya).

Untuk memilih beberapa teks (kata atau kalimat) sekaligus di Google Docs, yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan tombol Ctrl (di Windows) atau Command ⌘ (di macOS) sambil membuat seleksi. Jadi, sama dengan membuat multi-seleksi lainnya.

seleksi beberapa teks sekaligus di google docs

Sebagai contoh, ketika kamu mau menerapkan huruf miring untuk judul buku. Kamu bisa memilih semua judul yang sudah kamu ketik dan klik tombol I di menu. Maka semua judul buku itu akan berubah menjadi huruf miring.

Bahkan, kamu juga bisa menerapkan perubahan ini pada bagian dengan kondisi sama, seperti judul. Sebagai contoh, kamu sudah memformat salah satu sub-judul (misalnya H2) dengan ukuran 36 pt dan warna biru. Kemudian, kamu bisa memilih jenis teks di menu, memilih jenis judul (H2), dan klik ‘Update title to match’. Maka semua teks yang termasuk H2 akan berubah.

Saat ini Google Docs sudah menjadi salah satu aplikasi pengolah dokumen yang populer. Apalagi sejak pandemi, semakin banyak yang membutuhkan pengolah dokumen online.

Nah, untuk kamu pengguna Google Docs, silakan coba fitur seleksi teks ini dan lihat sendiri bagaimana fitur ini akan mempermudah pekerjaanmu.

    %d blogger menyukai ini: