Send Anywhere: Mengirim File Ke Mana Saja

menggunakan send anywhere di browser

Sebelumnya kami sudah membahas tentang layanan Pushbullet dan Kopy. Ada lagi layanan yang mirip dengan keduanya, yaitu Send Anywhere. Aplikasi ini adalah layanan untuk mengirim file ke berbagai perangkat.

Send Anywhere mendukung berbagai jenis file. Baik file media seperti gambar, video, atau suara, juga file dokumen. Tadi saya sebutkan mengirim ke berbagai perangkat, karena memang layanan ini lintas platform. Selain melalui aplikasi, kita juga bisa menggunakannya melalui browser (send-anywhere.com).

Cara mengirim file dengan Send Anywhere sangat mudah. Baik dari komputer maupun dari handphone. Di tampilan antar mukanya cuma ada beberapa pilihan, yaitu: send, receive, dan setting. Kalau mau mengirim ya send, kalau mau menerima ya receive. Simpel.

Layanan ini tidak membutuhkan identitas apapun. Kita tidak perlu login, menggunakan nomer telpon, email, atau yang sejenisnya. Lalu menggunakan apa? Send Anywhere menggunakan nomer kunci (key). Supaya lebih mudah, mari kita lihat langkahnya.

Cara menggunakan Send Anywhere

  1. Tambahkan file yang mau dikirim.
  2. Send Anywhere akan membuat nomer kunci sebagai kode verifikasi.
  3. Kirim kode verifikasi tersebut ke teman (ada juga pilihan dengan link).
  4. Selesai

Ribet? Nggak juga. Kan kita tinggal mengirim nomer yang bersangkutan lewat WhatsApp, BBM, Messenger, dan lain-lain..


Baca juga: Perbandingan Layanan Cloud Storage


Oya, kalau melalui aplikasi, pilihan pengiriman file bisa dari berbagai cara. Bisa melalui deteksi perangkat, atau bisa dengan wifi direct (menggunakan verifikasi angka atau qr code). Sedangkan kalau melalui website, pilihan terbatas hanya memilih file di folder saja. Itu pun — sejauh yang kami coba — hanya di browser komputer. Di browser handphone kita diarahkan untuk menggunakan aplikasi.

Menerima kiriman file pun sangat mudah. Kita tinggal memasukkan kunci yang ada (atau klik link yang dikirim), dan proses transfer pun berjalan.

Enaknya lagi, saat mengirim dan menerima, kita bisa melihat aktivitas transfer file apa saja yang terjadi. Jadi bisa saling mencocokkan.

Memang, yang membedakan layanan ini dengan layanan berbagi seperti Pushbullet adalah layanan Send Anywhere lebih fokus ke file. Jadi yah, sedikit berbeda. Tapi yang jelas, layanan ini akan memudahkan kegiatan kita.

Nah, buat yang sering pindah memindah file, boleh coba aplikasi Send Anywhere ini. Aplikasi ini gratis, dan mendapat rating bagus di berbagai platform.

Download untuk Android

Download untuk iOS

Download untuk Windows Phone

Download untuk Mac

Download untuk Windows PC (non Windows Store)

%d blogger menyukai ini: