Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Sequencer: Bermain dengan Beats dan Loops

winamp music player on mac
Anom Penulis

Buat kamu yang suka bermain-main dengan beats dan loops untuk musik, boleh coba aplikasi ini. Sequencer merupakan aplikasi step sequencer yang memungkinkan kita untuk membuat musik di ponsel Windows Phone kita. Musik dibuat dengan menggunakan samples yang sudah disediakan mau pun membuat suara sendiri.

Fitur Sequencer
  1. Panjang track yang bervariasi, mulai dari 16 sampai 128 step
  2. 70 suara sample dengan rentang pitch 2 oktaf
  3. 3 oscillator wavetable synthesizer dengan 12 waveforms
  4. 35 synthesizer presets
  5. 7 channel sound mixer dengan penyesuaian volume, mute, dan solo
  6. Setting loop sehingga kamu bisa mengatur pengulangan blok pada komposisi musik
  7. Variasi tempo: 30 sampai 180 BPM
  8. Real-time equalizer visualization

Yah, saya memang bukan jago mixing. Tapi sejauh yang saya coba, aplikasi ini cukup menarik dan mudah digunakan. Untuk orang yang tidak tahu apa-apa, sekedar membuat beat yang catchy cukup mudah. Tampilan Sequencer yang terdiri dari beberapa row suara (channel) dan blok untuk mengatur ritme cukup intuitif dan menggelitik untuk dicoba.

popculture.id

Tidak hanya itu, kelihatannya aplikasi Sequencer ini juga banyak menyimpan kemampuan tersembunyi. Salah satunya bisa kita lihat dengan banyaknya sample yang di sediakan. Sample ini tersedia dalam 2 kategori, Sample dan Synth.

Sample masih terbagi 2 lagi, yaitu Drum Kit dan Instrument. Masing-masing terdiri dari banyak sample. Misalnya untuk Drum Kit, tersedia lagi berbagai pilihan kick, clap, snare, dll. Begitu juga untuk Instrument. Ada suara bongo, bass, gitar, saxophone, dll.

Sedangkan pada Synth, kita bisa memilih berbagai macam preset yang disediakan. Kita juga bisa mengaturnya pada berbagai tool. Tersedia waveform, envelope, filter, dll.

Setelah selesai membuat musik, kita bisa menyimpan hasil karya kita di ponsel. Sebernarnya, akan lebih seru lagi kalau aplikasi ini didukung oleh situs dan komunitas yang lebih memadai. Bayangkan kalau kita bisa men-download suara-suara baru atau bisa meng-upload-nya ke cloud (OneDrive?) untuk bisa digunakan pada proyek mixing kita yang ada di komputer.

Oya, kita juga bisa mengatur volume apakah hendak otomatis atau manual. Kita juga bisa mengubah warna blok yang aktif, apakah itu cyan, magenta, orange, atau hijau terang.

Download: Sequencer di Windows Phone Store

    %d blogger menyukai ini: