Lampaui “Squid Game,” Bisakah “Hellbound” Jadi Fenomena Baru Netflix?

Kalahkan “Squid Game” jadi serial nomor 1 tercepat di Netflix, bisa kah serial “Hellbound” menjadi fenomena baru Netflix?

Saat bicara soal fenomena Netflix di tahun 2021, saya yakin pasti mayoritas dari kamu akan langsung terpikirkan oleh serial “Squid Game.”

“Squid Game” adalah serial Korea original Netflix yang sukses mencetak berbagai rekor fantastis! Ia berhasil menjadi serial Netflix tercepat yang berhasil meraih nomor 1. Nggak cuma itu, “Squid Game” juga berhasil menduduki peringkat 1 Netflix di seluruh dunia lho!

Setelah tamat, tak sedikit orang yang penasaran, akan kah ada serial baru yang bisa mengalahkan rekor-rekor fantastis “Squid Game?”

Kebetulan baru-baru ini ada serial Netflix terbaru yang juga berasal dari Korea, judulnya “Hellbound.” Baru debut, serial ini langsung berhasil mencetak rekor keren dan mendapat banyak respon positif dari penonton.

Akankah “Hellbound” Menjadi Fenomena Baru Netflix?

Buat yang masih asing dengan serial ini, jadi “Hellbound” adalah serial original Netflix yang diadaptasi dari novel dengan judul sama, dan digarap oleh Yeon Sang Ho (orang yang juga menyutradarai “Train To Busan.”) Serial ini diperankan oleh salah satu aktor terbaik Korea, Yoo Ah In.

Serial ini resmi debut di Netflix pada Jumat, 19 November 2021. Nggak butuh waktu lama setelah resmi tayang, serial ini langsung dapat banyak perhatian dari pemirsa.

“Hellbound” berhasil memuncaki rating TOP TV Shows harian Netflix, sehari setelah penayangannya. Bahkan di hari Sabtu, 20 November 2021, serial ini berhasil menduduki peringkat pertama Netflix di 24 dari 83 negara.

Menariknya, karena rekor inilah, “Hellbound” berhasil menggeser posisi “Squid Game.” Sebelumnya, “Squid Game” butuh waktu 8 hari setelah rilis untuk dapat menduduki peringkat pertama. Sedangkan “Hellbound” malah cuma butuh waktu sehari setelah tayang. Bahkan sampai sekarang, “Hellbound” masih masuk dalam Top 10 TV Shows di seluruh negara penyedia Netflix. Gila kan?

“Hellbound” sendiri menggambarkan tentang fenomena supranatural di mana orang-orang dijatuhi hukuman masuk neraka tanpa pemberitahuan lebih dulu. Di tengah kekacuan itu, ada pihak yang ingin mengungkap fakta di balik hidupnya kembali kelompok agama, “New Truth Society.” Menariknya, ternyata dua hal tersebut saling berkaitan.

“Hellbound” hanya akan tayang sebanyak 6 episode (sedikit lebih sedikit dari pada “Squid Game” yang berjumlah 9 episode). Walau pun episode-nya cuma secuil, tapi sepertinya masa depan gemilang siap menanti serial ini.

Pasalnya di antara beberapa ulasan positif, kebanyakan dari penonton menekankan kalau konten dalam drama ini menjadi lebih seru menjelang episode ke-2. Di sisi lain ada juga penonton yang pendapat kalau puncak alur cerita hadir di episode 4.

Mayoritas penonton juga berpendapat kalau “Hellbound” memiliki konsep menarik tentang ‘neraka.’ Berdasarkan pengalaman yang dirasakan oleh penonton, serial ini berhasil memberikan perasaan berbeda dari tayangan lain yang pernah mereka tonton. “Hellbound” juga dinilai punya pesan moral yang lebih baik dari “Squid Game.”

Kalau dipikir-pikir memang benar sih. Pasalnya selama ini serial Korea yang tayang, jarang banget yang membahas soal neraka. Paling adanya cuma film, seperti “Along with the Gods: The Two Worlds” yang dulu berhasil memecahkan rekor penayangan “Avengers Ininity War.” Tapi kalau buat ukuran serial Korea yang tayang di Netflix, “Hellbound” benar-benar patut diacungi jempol.

Apalagi di luar negeri, “Hellbound” telah mendapat tanggapan panas dari penonton. Tercatat pada Sabtu, 20 November 2021, serial ini menerima 100% dari rata-rata pengguna Rotten Tomatoes (situs web review asal Amerika Serikat).

Serial ini juga mendapat peringkat 7,1 di iMDb dengan 221 suara, padahal baru tayang beberapa episode. Diprediksi peringkat tersebut akan terus meroket seiring bertambahnya episode yang tayang.

Di sisi lain, serial ini juga mendapat kritik dari sebagian netizen. Mereka menganggap kalau adegan di serial terlalu kejam, dan ada unsur yang membuat penonton sulit fokus ke alur ceritanya. Namun walau begitu, pujian tetap mengalir deras untuk serial ini.

Nah kalau menurutmu gimana, bisakah “Hellbound” jadi fenomena baru Netflix seperti “Squid Game” sebelumnya? Kalau menurut saya, mungkin bisa sih. Tinggal menunggu serial ini berhasil menduduki peringkat 1 Netflix di seluruh dunia saja.

%d blogger menyukai ini: