Google Drive Dukung Shortcut Keyboard Umum, Nggak Perlu Pakai Klik Kanan Lagi!

Indri Penulis

Asik, Google Drive sekarang dukung shortcut keyboard umum. Jadi nggak perlu klik kanan buat copy, cut atau delete file yang ada di dalamnya dong!

Sebagai salah satu media penyimpanan berbasis cloud populer di dunia, Google Drive memang telah menjadi rujukan kebanyakan orang saat mau menyimpan dan mengelola berbagai file yang mereka punya.

Sayangnya selama ini masih ada satu hal yang saya rasa mungkin jadi ‘masalah yang dikeluhkan’ oleh mayoritas pengguna Google Drive, yakni belum adanya dukungan shortcut keyboard.

Selama ini pengguna Google Drive harus melakukan cara manual untuk mengelola file mereka. Contohnya seperti melakukan klik kanan pada file, lalu memilih tindakan yang sesuai dengan menu konteks.

Nah kabar bagiknya, semuanya akan berubah! Dalam postingan baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa pengguna Google Drive sekarang bisa menyalin, menempel, dan memotong file menggunakan shortcut keyboard populer seperti CTRL + C (atau ⌘ + C di Mac), CTRL + X dan CTRL + V. Shortcut tersebut akan mempermudah pengguna dalam memindahkan beberapa file dengan cepat di Google Drive.

Sekarang kalian bisa menggunakan pintasan keyboard yang sudah dikenal seperti CTRL + C (atau ⌘ + C di Mac), CTRL + X dan CTRL + V untuk menyalin, memotong dan menempelkan file Google Drive di browser Chrome. Ini akan menghemat waktu kalian, dengan memungkinkan kalian untuk menyalin satu / lebih file dan memindahkannya ke lokasi baru yang ada di Drive, dan di beberapa tab, dengan meminimalisir pemakaian klik,” kata Google dalam pengumuman resminya.

Lebih lanjut, Google mencatat bahwa saat pengguna Drive menyalin file, maka tautan ke file dan judulnya juga akan diambil untuk memudahkan proses paste ke email.

Untuk menghindari pembuat file duplikat, kamu juga bisa menggunakan CTRL + C, lalu CTRL + Shift + V untuk membuat pintasan. Lalu untuk membuka file atau folder di tab baru, klik CTRL + Enter. Dengan cara ini, kamu bisa melihat banyak file sekaligus atau lebih mudah mengatur file di antara 2 folder yang berbeda. Tapi kalau kamu pakai Mac, gunakan ⌘.

Dukungan shortcut di Google Drive kini tersedia untuk semua pengguna Google Workspace dan Google Account pribadi. Untuk saat ini, Google Chrome satu-satunya browser yang didukung. Tapi mudah-mudahan, Google mamperluas dukungan ke browser lain di masa mendatang.

    %d blogger menyukai ini: