aplikasi whatsapp macbook

Tips Memakai Shortcut Keyboard di Aplikasi WhatsApp Desktop

Salah satu hal yang menyenangkan dalam memakai aplikasi WhatsApp di komputer adalah bisa mengetik dengan lebih gampang. Misalnya kamu bisa menggunakan shortcut keyboard WhatsApp desktop seperti program komputer lain.

Shortcut ini tentunya di luar shortcut umum seperti copas di atas. Tapi ingat, shortcut ini kelihatannya hanya berlaku untuk aplikasi desktop, bukan WhatsApp Web. Karena waktu saya coba, shortcut berfungsi untuk browser, bukan WhatsApp Web.

Lalu ada lagi cara memunculkan emoji di WhatsApp tanpa menggunakan mouse atau trackpad. Dengan kata lain cukup mengetik saja. Jadi tanganmu bisa tetap berada di atas keyboard, tidak perlu pindah-pindah ke mouse.

Yuk, kita lihat cara memakai shortcut keyboard di aplikasi WhatsApp desktop.

[irp posts=”36079″ name=”Cara Membuat Tulisan di WhatsApp Bervariasi”]

Daftar Shortcut Keyboard WhatsApp Desktop

  • Ctrl + N — Membuat percakapan baru
  • Ctrl + Shift + N — Buat grup baru
  • Ctrl + Shift + U — Tandai belum dibaca
  • Ctrl + Shift + ] — Percakapan berikutnya
  • Ctrl + Shift + [ — Percakapan sebelumnya
  • Ctrl + E — Mengarsipkan percakapan
  • Ctrl + Shift + M — Membuat senyap percakapan (mute)
  • Ctrl + Backspace — Hapus percakapan

Yah, mungkin tidak semua shortcut kamu butuhkan atau sering kamu pakai. Tapi shortcut untuk berpindah percakapan (baik sebelum dan sesudah) cukup fungsional. Selebihnya ya tergantung kebiasaan.

Cara Memunculkan Emoji Dengan Ketikan

Cara ini sebenarnya cukup umum. Kalau kamu pernah menggunakan aplikasi Slack atau Skype, mungkin kamu pernah menggunakannya.

Cara mencari dan memunculkan emoji di aplikasi WhatsApp desktop adalah dengan mengetik nama emoji di antara tanda titik dua. Nama emoji dalam hal ini dalam bahasa Inggris. Misalnya :smile:.

mengetik emoji whatsapp komputer
Mengetik emoji Whatsapp di komputer
saran ketikan emoji whatsapp
Saran emoji juga muncul

Kalau kamu tidak hapal, jangan kuatir. Begitu kamu mengetik huruf, saran emoji akan muncul. Semakin banyak huruf kamu ketik, jajaran emoji akan berkurang. Sampai ada emoji yang tepat.

Tentu saja, kalau kamu tidak hapal, kamu mungkin tetap akan menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse untuk memilih salah satu emoji yang kamu inginkan. Tapi paling tidak, dengan cara ini kamu bisa menghapal. Nantinya tidak perlu repot pakai mouse atau trackpad.

[irp posts=”53911″ name=”Tips Pesan Suara WhatsApp Ini Perlu Kamu Dengarkan”]

Itulah sekelumit tips tentang shortcut keyboard WhatsApp. Kalau kamu seorang keyboard warrior, tentunya fungsi ini cukup menyenangkan. Tapi kalau kamu lebih suka pakai mouse atau trackpad, ya tidak masalah. Pakai saja mana yang kamu suka. Ya kan?

More Stories
Tips PC: Install driver unknown device