Mengenal Sistem Baru Langganan Podcast Berbayar Spotify

Spotify resmi menghadirkan sistem “langganan podcast berbayar.” Buat yang penasaran, langsung simak informasi lengkapnya di sini!

Dengan rilisnya iOS 14.5 minggu ini, Apple telah mengenalkan cara baru buat kreator, agar mereka bisa menawarkan program langganan melalui aplikasi Podcast-nya.

Spotify rupanya tidak mau kalah. Spotify akhirnya mengikuti jejak Apple dengan meluncurkan langganan podcast berbayar.

Tentang Langganan Podcast Berbayar Spotify

Melalui situs resminya, Spotify mengenalkan langganan podcast berbayar. Sistem baru ini memungkinkan kreator menghasilkan uang dari ‘pertunjukkan’ mereka di Spotify.

Program baru ini diluncurkan pertama kali di AS dan akan tersedia untuk para kreator lewat Anchor.  Podcaster yang menggunakan platform tersebut bisa menandai episode-nya sebagai subscriber-only, lalu mempublikasikannya ke Spotify. Buat kreator yang tertarik, mereka bisa bergabung ke daftar tunggu mulai hari ini.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Program langganan podcast berbayar ini juga diluncurkan bersama dengan 12 acara independen, dan akan diperluas ke lebih banyak pembuat konten dalam beberapa bulan mendatang.

Saat program baru ini berjalan dengan lancar, Spotify berjanji kalau mereka akan meluncurkan program langganan ke pengguna di seluruh dunia.

Di sisi lain, Spotify juga mengatakan kalau mereka sedang berkolaborasi dengan NPR, untuk menerbitkan pilihan acara mendatang tanpa sponsor.

Ada lima pertunjukkan yang akan tersedia mulai 4 Mei yakni “How I Build This with Guy Raz,” “Short Wave,” “It’s Been a Minute with Sam Sanders,” “Code Switch,” dan “Planet Money,” dengan lebih banyak lagi yang akan beberapa minggu kemudian,” kata Spotify.

Carilah acara NPR yang ditandai sebagai ‘Plus’ (misalnya, “Planet Money Plus”) untuk berlangganan konten bebas sponsor dari NPR dan mendukung acara yang kamu sukai,” lanjut Spotify.

Sementara itu, dari program langganan podcast, kreator akan memperoleh pendapatan 100% selama dua tahun pertama. Namun mulai tahun 2023, kreator akan dikenai biaya pajak 5%.

Dilansir dari XDA-Developers, strategi Spotify kali ini mungkin dapat menghalau penggunanya agar tidak beralih ke aplikasi Podcast Apple.

Spotify hanya mengenakan potongan penghasilan sebesar 5%. Beda jauh dengan aplikasi Podcast milik Apple yang memakan penghasilan kreator 15% – 30%.

Sekarang pertanyaannya, berapa biaya langganan yang dibanderol Spotifys? Ada tiga opsi harga bulanan yang bisa dipilih pelanggan yakni $2,99, $4,99 dan $7,99.

Lalu bagaimana cara mengenali podcast berbayar? Gampang. Podcast berbayar akan memiliki tanda khusus. Pendengar yang ingin berlangganan podcast bisa melakukannya lewat Anchor atau dengan mengikuti tautan yang tersedia di halaman acara Spotify.

%d blogger menyukai ini: