Lebih Galak, Sistem Moderasi Terbaru YouTube Perketat Komentar Spam

Indri Penulis

YouTube sedang menguji sistem moderasi untuk memperketat komentar spam. Sistem ini akan meminimalisir munculnya komentar spam.

Komentar spam adalah salah satu masalah utama yang terjadi di YouTube selama bertahun-tahun. Biasanya komentar semacam ini diberikan oleh orang-orang yang nggak suka sama YouTuber tertentu. Bentuknya pun beragam ada komentar berisi ujaran kebencian, pelecehan, bully, dll.

Nggak cuma itu, yang lebih parahnya lagi kadang ada orang yang menyamar menjadi YouTuber tertentu dan mengirim komentar spam berisi penipuan. Contohnya penipuan berkedok hadiah dengan mengklik URL tertentu, promosi suplemen kesehatan, dll.

Sebenarnya sudah ada banyak YouTuber yang merasa frustasi dengan penyebaran komentar spam di channel mereka. Bahkan nggak sedikit pula YouTuber yang protes ke YouTube soal hal ini.

YouTube Uji Sistem Moderasi Komentar Spam Baru

Sebenarnya selama ini YouTube sudah punya banyak tools untuk memerangi spam, dan alat-alat tersebut terbukti mampu menghapus banyak komentar secara otomatis. Dengan memanfaatkan pembelajaran mesin dan tinjauan manusia, YouTube berhasil menghapus ‘lebih dari 950 juta spam’ karena melanggar kebijakan YouTube, menyesatkan dan dicurigai berisi penipuan.

Salah satu juru bicara YouTube, Ivy Choi, juga sempat mengatakan pada The Verge, “Sebagian besar proses penghapusan komentar dilakukan oleh sistem penandaan otomatis milik kami.

Tapi alat-alat seperti itu tentu saja belum cukup, dan kelihatannya YouTube mulai peka. Salah satu YouTuber pemilik channel MKBHD, Marquess Brownlee, baru-baru ini memposting cuitan di Twitter yang mengatakan bahwa YouTube sedang mengembangkan sistem baru untuk memoderasi komentar spam. Sistem ini digadang-gadang ‘jauh lebih ketat’ dalam memerangi spam.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam cuitan di atas, gambar di atas menampilkan tampilan sistem moderasi komentar spam yang baru. Ada beberapa opsi preferensi komentar yang bisa dipilih oleh YouTube.

  • Allow all comments: Semua jenis komentar diizinkan.
  • Hold potentially inappropriate comments for review: Opsi ini akan menahan beberapa komentar yang dianggap nggak pantas, dan akan ditinjau terlebih dulu oleh YouTube.
  • Hold all comments for review: Untuk menahan semua komentar agar ditinjau YouTube terlebih dulu.
  • Disable comments: Opsi untuk mematikan fitur komentar dalam video.

Kalau mau meminimalisir komentar spam, jelas opsi kedua adalah yang paling cocok. Karena opsi ini langsung menyasar komentar-komentar yang berbau spam, dan sistem akan menghapusnya (kalau setelah ditinjau, hasilnya mereka benar-benar berbahaya).

Nah menariknya, sepertinya YouTube sudah mulai melakukan uji coba fitur sistem anyar ini ke banyak pengguna. Pasalnya saat kemarin saya membuat tutorial tentang cara mengaktifkan dan menonaktifkan komentar YouTube, opsi “Hold potentially inappropriate comments for review” sudah ada dalam pengaturan Konten di YouTube Studio. Bisa kamu lihat dalam gambar di bawah ini, ada label “Eksperimen” di bawah opsi tersebut.

Walaupun baru terlihat April ini, tapi sebenarnya sistem terbaru untuk memoderasi komentar spam sudah dikembangkan sejak Desember 2021 lho. Hal ini dibeberkan oleh salah juru bicara YouTube yang lain, Mariana De Felice.

Meski belum tahu kapan fitur ini akan dirilis, tapi semoga saja sistem moderasi terbaru YouTube bisa lebih handal dalam memerangi komentar spam. Soalnya kasihan juga kalau ada penonton yang termakan jebakan dari komentar spam berbahaya.

    %d blogger menyukai ini: