Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Canggihnya Sistem Pendingin di ROG Phone 6 & Aero Active Cooler 6

Setelah hampir setahun lamanya sejak ROG Phone 5 dan 5s, akhirnya diumumkanlah Asus ROG Phone 6. Dengan jargon “For ThoseWho Dare”, ROG Phone 6 sebagai HP Gaming yang gahar dan merupakan HP gaming ROG paling bertenaga yang pernah dibuat.

Dibekali oleh salah satu seri terbaru dari Platform Seluler Snapdragon 8 plus Gen 1 sebagai produk unggul terbaru yang mendapatkan clock CPU hingga 3,2 GHz. Selain itu juga ditenagai oleh RAM LPDDR5 hingga 18 GB dan penyimpanan internalnya hingga 512 GB. Peningkatan juga pada segi baterainya yaitu 6.000 mAH.

popculture.id

Sistem Pendingin (Cooling System) ROG Phone 6

Keunggulan yang ditunggu-tunggu dengan hadirnya ROG Phone 6 ini diantaranya adalah cooling system yang tertanam di dalamnya. Teknologi pendingin terbaru yang dimilikinya dengan istilah Gamecool 6 itu memiliki beberapa pembaharuan.

Gamecool 6 tersebut memiliki vapor chamber yang lebih besar 30% dibandingkan seri sebelumnya. Hal ini menjadikan sistem pendingin dapat lebih cepat menyebarkan panas. Reduksi panas seperti ini memiliki keunggulan dalam mempercepat pendinginan secara instan.

Tapi sesuatu yang unik di sistem pendingin kali ini. ASUS meletakkan bahan penyerap panas (boron nitrit) tepat di ruang kosong di bawah mainboard chipset, sehingga panas dari chipset bisa langsung teralih ke materi tersebut.

ASUS membuat sistem pendingin seperti ini dengan pertimbangan lamanya gamer bermain. Paling tidak ada 3 skenario yang menjadi pertimbangan.

Pertama, adanya short time gaming untuk bermain game selama 15 menit. Kedua, mid time gaming untuk penggunaan selama 30 menit. Lalu ketiga, long time gaming untuk penggunaan game yang lebih dari 1 jam.

Teknologi Baru Aero Active Cooler 6

Terlebih yang menjadi hal baru dan menarik adalah pada sistem pendingin yang dihadirkan Aero Active Cooler. Sensasi awalnya adalah terasa lebih besar dari yang sebelumnya. Hal ini karena tombolnya yang tidak hanya dua, namun menjadi empat yang juga lebih besar dan ergonomis.

Bagaimana dengan sistem pendingin baru di Aero Active Cooler? Kini di dalamnya tidak hanya ada kipas saja, tapi juga ada lapisan konduksi termal, plat tembaga, dan thermoelectric cooler chip (yang mengatur sistem pendingin). Sistem ini bertindak sebagai penyerap panas (peltier) dari bodi ROG Phone.

Kipas yang ada di aksesoris ini kemudian menarik panas dan membuangnya keluar. Dengan begitu akan membantu menjaga suhu ponsel untuk tetap normal selama memainkan game.

Hal menarik lain yang ada di Aero Active Cooler 6 adalah kehadiran sensor kelembaban. Sensor juga ikut membantu suhu stabil, dan menghindari pengembunan akibat perubahan/perbedaan suhu.

Melalui konsol aplikasi Armory Create yang telah di upgrade, pengguna dapat beralih di antara empat mode. Mode tersebut adalah Smart untuk otomatis, Cool hanya menjalankan kipas, Frosty untuk menjalankan kipas beserta chip penyerap panas, dan Frozen untuk memaksimalkan kinerja chip.

Soal sistem pendingin ini, Asus juga memberikan sebuah skenario pendukung. Setelah 60 menit memainkan Genshin Impact dengan refresh rate 60Hz, Aero Active Cooler pada mode Frosty mampu menurunkan suhu ponsel dari suhu 44,8 derajat Celcius menjadi 37,2 derajat Celcius.

Di lain sisi, hal ini dapat menjadikan ROG Phone 6 mampu mempertahankan frame rate rata-rat 59,7 fps sambil tetap pada suhu 37,2 derajat Celcius.

Nantinya, Asus ROG Phone 6 series ini akan secara resmi diluncurkan di Indonesia untuk mewarnai pada gamers di Indonesia. Meskipun ini baru pengumuman secara global, namun capat atau lambat akan segera rilis di Indonesia. Jadi mari kita persiapkan diri untuk menyambut kehadirannya.

    %d blogger menyukai ini: