Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis, Fitur Lengkap dan Bebas Iklan

3 Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis, 100% Pasti Akurat dan Bagus
Febri Penulis

Gunakan 3 rekomendasi situs web untuk cek plagiarisme gratis ini jika ingin karangan atau tulisan artikel kamu aman dari plagiarisme atau ingin terhindar dicap sebagai tulisan plagiat.

Kamu pasti tahu kan di dunia serba internet alias digitalisasi seperti saat ini rentan sekali tulisan, artikel, atau hasil karya tulis kita dicuri oleh para plagiat dan mereka klaim itu miliknya.

Tak jarang juga tulisan atau artikel yang kita tulis bisa saja memiliki kesamaan dengan hasil tulisan orang lain, soalnya di tahun 2022 mungkin sudah jutaan bahkan miliaran tulisan yang beredar di dunia internet.

Mungkin juga per hari ada ribuan artikel atau tulisan baru yang di- publish ke internet.

Penjelasan Plagiarisme & Plagiat

Apa itu plagiarisme?

n penjiplakan yang melanggar hak cipta.

Apa itu plagiat?

n pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan

Tips Terhindar dari Plagiarisme

Untuk mengatasi masalah plagiarisme atau terhindar dari dugaan plagiat, alangkah baiknya kamu selalu melakukan cek terhadap tulisan yang ingin kamu publish ke internet.

Salah satu tips yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan website Plagiarism Checker online yang ada di internet.

Ada banyak website plagiarism checker yang bisa kamu gunakan, tapi menurut saya hanya 4 Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis saja yang akurat dan bagus, kalau yang lainnya masih kurang powerful.

3 Rekomendasi Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis

1. Grammarly

Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis - Plagiarism Checker by Grammarly

Situs web untuk cek plagiarisme gratis pertama saya sarankan pakai Plagiarism Checker by Grammarly.

Jadi si Grammarly ini selain bisa ngecek grammar bahasa inggris kita, dia juga bisa melakukan plagiarism checker juga.

Baca Juga:  3 Cara Menentukan Arah Kiblat Online Secara Akurat Dengan Mudah

Jadi saat ingin cek artikel atau tulisan kita ada banyak kena plagiarisme atau tidak, si Grammarly akan melakukannya sekaligus memperbaiki grammar jika tulisan kamu menggunakan bahasa inggris.

Nantinya Grammarly memberitahukan apakah ada kata atau susunan yang salah atau tidak seperti typo, di Grammarly kamu bisa cek dengan copy + paste tulisan atau bisa upload file dokumennya.

2. Duplichecker

4 Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis - Duplichecker

Situs web untuk cek plagiarisme gratis kedua yang saya rekomendasikan ke kamu adalah Duplichecker, plagiarism checker kedua ini lebih bagus lagi karena mendukung bahasa Indonesia dan hasilnya lebih detail dari Grammarly.

Duplichecker juga sama bisa melakukan grammar check dan check plagiarism, keunggulan situs web kedua ini adalah adanya hasil persentase berapa unik dan tidak uniknya tulisan kita. Semakin rendah uniknya tulisan kita maka artinya persentase plagiarisme yang kita lakukan.

Selain itu adanya fitur highlight kalimat mana saja yang dianggap plagiat dan link artikel yang diduga memiliki kesamaan kalimat, membuat situs web untuk cek plagiarisme gratis ini jadi salah satu rekomendasi dari saya.

3. Check Plagiarism

4 Situs Web untuk Cek Plagiarisme Gratis - check-plagiarism

Situs web untuk cek plagiarisme gratis ketiga adalah Check Plagiarism, ini merupakan plagiarism check tools terbaik yang pernah saya lihat di internet.

Kenapa saya bisa bilang terbaik, karena selain memberikan hasil persentase berapa persen tulisan kita dianggap plagiat, tools ini menampilkan highlight kalimatnya per baris, jadi memudahkan kita untuk melakukan cross-check.

Dan ditambahnya fitur compare text antara tulisan kita sama dengan tulisan yang dianggap plagiat oleh Check Plagiarism.

Kelengkapan fitur yang disediakan Check Plagiarism ini lah yang membuat saya tertarik untuk membagikannya ke kamu. Fiturnya lengkap, mudah digunakan, gratis serta iklannya tidak mengganggu.

Baca Juga:  Cara Memilih Domain Untuk Website Sendiri Yang Benar dan Tepat

Hanya saja jumlah kata yang bisa di-scanning hanya 2000 kata saja, jika ingin lebih kamu bisa berlanngganan fitur versi pro.

Oh iya, untuk fitur grammar check tools nya disediakan terpisah tapi tetap gratis juga untuk digunakan.

Kesimpulan

Itu lah 3 rekomendasi situs web untuk cek plagiarisme gratis yang bisa saya bagikan ke kamu. Antara Grammarly, Duplichecker, dan Check Plagiarism, kamu bisa pilih mau pakai yang mana. Tapi kalau menurut saya, plagiarism checker tools yang bagus menurut saya adalah Check Plagiarism.

3 tools yang saya bagikan gratis dan bebas berbayar, jika kamu masih ada kesulitan atau pertanyaan, jangan sungkan untuk tanya di kolom komentar ya.


Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar tools, internet atapun teknologi di Urbandigital. Kalau kamu tertarik dengan tulisan saya, kamu bisa baca-baca artikel berita teknologi seperti ini atau tutorial lainnya dari saya Febri.