Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Smartphone Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servis

Smartphone adalah salah satu barang elektronik yang sangat dibutuhkan manusia, hampir semua orang di dunia ini menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi.

Kecanggihan smartphone dari tahun ke tahun  memang semakin mempermudah aktifitas manusia. Namun meskipun kian canggih, bukan berarti sebuah smartphone tak bisa rusak bukan?

popculture.id

Lalu apa jadinya jika smartphone satu-satunya milikmu rusak? Tentu kamu akan membawanya ke tempat servis atau mungkin beli baru?

Namun, ternyata tak semua smartphone mudah diperbaiki. Ada juga beberapa smartphone yang justru sangat sulit untuk diperbaiki.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas beberapa smartphone yang mudah untuk diperbaiki. Dan smartphone tersebut merupakan smartphone keluaran lama.

Samsung Galaxy Note II

Sumber Gambar : Digit

Yang pertama adalah Samsung Galaxy Note II, ponsel ini merupakan ponsel yang dirilis pada tahun 2012 silam.

Ponsel yang dikeluarkan Samsung ini tergolong masih mudah untuk diperbaiki. Baterai dari ponsel ini mudah untuk digonta ganti, sedangkan komponen internalnya pun sangat mudah untuk dibuka.

Kelemahan dari Samsung Galaxy Note II hanya satu, yaitu komponen-komponennya tersambung jadi satu dengan bagian belakang layar display. Jadi jika dilakukan pembedahaan akan beresiko melukai layar.

BlackBerry Z10

Sumber Game : CNet

Untuk sekarang ini, produk BlackBerry memang sudah menjadi ponsel langka. Sudah jarang sekali orang-orang yang memiliki ponsel dari BlackBerry ini.

Tapi ternyata, ponsel yang sekarang sudah tak jaya lagi ini digolongkan sebagai ponsel yang perbaikannya paling mudah.

Baterai dari ponsel ini dapat diganti dengan mudah tanpa perlu menggunakan alat-alat tertentu. Bahkan motherbard dan layar display-nya pun hanya diberi sedikit perekat.

Namun untuk komponen seperti headphone jack dan kamera, memang diberi perekat yang sangat kuat, sehingga akan susah diganti.

Samsung Galaxy S4

Sumber Gambar : The Verge

Berikutnya datang lagi dari produk Samsung, yaitu Samsung Galaxy S4. Ponsel ini memiliki baterai yang mudah diganti tanpa memerlukan apapun, dan dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Sama halnya dengan produk Samsung diatas, ponsel yang satu ini juga memiliki komponen dalam yang gampang dibuka dan mudah diakses.

Samsung Galxy S4 memiliki layar display yang dibuat dari kaca, jadi ketika perbaikan membutuhkan ongkos yang besar karena resikonya-pun sangat besar juga.

Nexus 5

Sumber Gambar : Digit

Nexus 5 adalah ponsel yag dirilis pada tahun 2013 yang lalu. Ponsel ini memiliki desain yang modular.

Komponen-komponen pada ponsel ini juga dapat diganti dengan mudah tanpa perlu merusak komponen yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, ponsel Nexus 5 ini juga diberikan perekat yang sangat lembut, sehingga membuatnya mudah dilepas dan diganti.

Masalahnya disini adalah, layar display-nya tergabung dengan material kaca dan LCD. Jadi ketika layar ponselmu ini retak akan sangat susah dan mahal untuk diperbaiki.

LG G4

Sumber Gambar : Android Central

Yang kelima adalah LG G4. Membahas soal LG, ia merupakan brand yang banyak dimiliki orang-orang dan tergolong murah.

Hal yang paling menarik dari LG adalah, harganya yang murah dan perbaikannya pun sangat mudah, sehingga LG menjadi sebuah ponsel yang praktis untuk digunakan.

Bagian belakang dan baterainya pun dapat dilepas dengan sangat mudah, dan komponen didalamnya bersifat modular serta dapat diganti satu per satu.

Hal yang menjadi kelemahan LG G4 ini adalah, layar LCD dan kacanya tersambung jadi satu. Jadi jika salah satu rusak maka harus diganti dua-duanya.

Nah, itu dia beberapa rekomedasi ponsel yang tergolong mudah untuk diperbaiki. Namun meskipun mudah, masing-masing dari ponsel diatas tetap memiliki kelemahannya sendiri-sendiri.

    %d blogger menyukai ini: